Friday, November 12, 2010

Wajah 1000 rupiah itu..

AKU CINTA RUPIAH . . .

Hmm..

Indonesia ini merupakan negara yang besar  kan kawan. Dan Indonesia itu mempunyai mata uang yang terbilang menarik. Mata uang pertama yang dimiliki Republik Indonesia setelah merdeka adalah Oeang Republik Indonesia atau ORI. 

Dampak dari kemerdekaan itu akhirnya pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah tapi juga sebagai lambang utama negara merdeka. Sampai sekarang mata uang Indonesia sudah terdiri dari bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Mulai dari uang logam sampai uang kertas berlapis plastik..

Mata uangnya pun sering mengalami perubahan dan pergantian. Nah, saya mau bagi2 foto bentuk fisik uang seribu rupiah nih ke kawan2. Bentuk yg sudah mengalami perubahan dan pergantian berulang kali dari tahun ke tahun. Berikut model dan desain mata uang Indonesia dari tahun 1952 sampai 2009 : 

Uang Rp 1000,00 Tahun 1952


Uang Rp 1000,00 Tahun 1958


Uang Rp 1000,00 Tahun 1959


Uang Rp 1000,00 Tahun 1960


Uang Rp 1000,00 Tahun 1968


Uang Rp 1000,00 Tahun 1975


Uang Rp 1000,00 Tahun 1980


Uang Rp 1000,00 Tahun 1987


Uang Rp 1000,00 Tahun 1992


Uang Rp 1000,00 Tahun 2000-2009



Yang terbaru belum keluar nih..
Terima kasih
 
sumber: http://gambar-unik-dunia.blogspot.com/2010/11/uang-1000-rupiah-dari-tahun-1952-2009.html

30 comments:

  1. 4 jenis yang terakhir masih punya ^^

    ReplyDelete
  2. Cuma tahu 3 gambar terakhir. Yang lain belum lahir :-)

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  3. wowo,kwren..
    jadi tahu nich bentuk2 1000 jaman dulu...

    ReplyDelete
  4. Jujur aja yg aku tau baru dari tahun 1975 Sob... selebihnya aku baru tau dari sini hhe.... widih ngumpulinnya butuh berapa hari tuh Sob? salut aku haha... jadi tambah paham nie... wah yg gambar kaya patung BUdha keren tuh haha.. pasti harganya mahal sekarang.....

    makasih udah di share Sob... happy blogging n semangat :P

    ReplyDelete
  5. aku punya yg paling lawas uang kertas 20.000 an yg dah ga beredar sh..gambarnya lupa....

    ReplyDelete
  6. yang terbaru bentuk koin kan,
    yang aku alami sribu tahun 92 kesini ...

    ReplyDelete
  7. saya suka dengan uang 1000 yang tahun 1959 :)

    ReplyDelete
  8. wew.. cantik2 fotonya... dah ganti banya. buat apa ya gonta ganti terus uangnya??? toh nilainya tetap 1000???

    ReplyDelete
  9. WAH KEREN SOB KOLEKSINYA
    IZIN SIMPAN YA
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  10. wah..jd tau wajah2 uang seribu rupiah dari masa lampau ni...keren2 ya...:)

    ReplyDelete
  11. banyak di seribuan rupiah ini.
    tahun yang lama aku tidak pernah mengetahuinya sob

    ReplyDelete
  12. wah ternyata suka ngoleksi duit rupiah lama ya sob...

    ReplyDelete
  13. wah lengkap bgt sob.....ada semua.

    ReplyDelete
  14. wah sejarah uang seribu hahaha

    ReplyDelete
  15. Selamat pagi sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp karena artikel anda termasuk sebagai salah satu Juara Harapan dalam Kontes Iklan Indonesia Bersatu.
    Silahkan cek di : http://abdulcholik.com/2010/11/13/juara-harapan-kontes-iklan-indonesia-bersatu/

    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp di Surabaya

    ReplyDelete
  16. wah siapa yahh yang punya koleksi selengkap itu hihii

    maaf ya chika baru bisa berkunjung^^
    met blogging
    eh artikelnya KIIB nya menang juara harapan tuh^^
    selamat yahh

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum Kang Bagas ...
    waktu SD, harga ssemangkok bakso Rp 5 (maklum generasi jadul hhh), maka bisa dibayangkan uang Rp 1.000 akhir tahun 70an bisa dapat apa hayo ..
    trus waktu itu dibelikan sepeda unta merk Phoenixs seharga Rp 200 baru gress

    postingannya memberikan kenangan Kang

    ReplyDelete
  18. Wah lengkap juga ya koleksinya .... andai uang yang tahun 1952, sekarang kursnya dah berapa ya ??

    ReplyDelete
  19. Wah lengkap deh. Jujur saya baru lihat pic 1000 jaman 1952. Tapi saya tiba-tiba berpikir, dulu 1000 rupiah jaman 1952 sama sekarang perbandingannya berapa ya? 1952 kan 1 rupiah saja sudah banyak?

    jalinan persahabatan Catatan Bumi.

    ReplyDelete
  20. Rp.100 tahun 1980 coraknya hampir mirip sama uang pecahan Rp.5000 tahun 90'an yah?
    Saya ngelirik uang itu tiba-tiba langsung ingat sama uang 5000.

    Oh ya, selain [punya koleksi gambar yg lengkap ini, mas punya duit aslinya gak?
    Hehehehe..jangan-jangan juga kolektor uang jadul nih....

    Commoncyber - Computer, Monetize, and Cyber World
    Situs Dua Bahasa, Indoensia dan Inggris

    ReplyDelete
  21. lengkap juga yach koleksi uang 100 sobat,, kalau saya masih punya tuh yang 500 yang gambar monyet itu???? eh salah orang utan... hehehehe

    ReplyDelete
  22. waaaaah...kapaan yah muka gue bisa jadi MODEL uang..hahah.tapi jangan duit 1000...minimal seratus rebu lah.kerrreen kayaknye.wkwk.okeh siapkan diri dulu deeh buat ngelamar jadi cover duit rupiah edisi cetak selanjutnya,HAPPY BLOGGING soob

    ReplyDelete
  23. gnti theme ya sob ?
    wah bru tau q klo seribuan ada bnyag :D
    klo seratusan sob?? :p

    ReplyDelete
  24. Pangeran antasari.....wah dapet gambar lengkap nih sob.......boleh deh aq simpen ya kali aja berguna hehe

    ReplyDelete
  25. Nice Post sob, untuk nambah pengetahuan tentang mata uang Indonesia.

    ReplyDelete
  26. @ inge / cyber dreamer: Hehehe, klo saya lebih satu dari mba Inge loh. Terima kasih sudah mampir. Salam
    @ fanny: Belum kawan. Eh iya, salam kenal kawan fanny. Terima kasih sudah berkunjung. Salam
    @ BeDa: Hehehe, saya juga kawan BeDa. Jadi sama dong. Terima kasih sdh mampir lagi kawan. Salam
    @ sibutiz: Teima kasih kawan sibutiz. Salam
    @ Ferdinand: Ini hasil share juga kawan Ferdinand. Tapi klo uangnya sendiri yg dari tahun 75 keatas masih dalam gambar. hehehe. Terima kasih kawan Ferdinand sudah mampir lagi. Salam
    @ Belantara Indonesia: Oh gitu yach kawan Belantara Indonesia. Terima kasih sudah mampir lagi. Salam
    @ Celotehan: Iya kawan, yg saya maksud uang kertasnya koq..Oh dari thn 92 kebawah yach. Terima kasih kawan Celotehan. Salam
    @ Muhammad Chandra: Saya juga kawan Muhammad Chandra. Berarti satu selera kawan. Terima kasih. Salam
    @ uli mayang: Mungkin gini kali yach kawan, ganti mentri ganti kebijakan ganti segala yg berhubungan dengan pergantian dari kebijakan itu. Mungkin loh, jadinya ya gitu deh..Terima kasih kawan uli mayang. Salam
    @ Tip Trik Blogger: Silahkan kawan Tip Trik Blogger . Terima kasih kembali kawan. Salam

    ReplyDelete
  27. @ windflowers: Saya juga mba'e. Hehehe..Terima kasih kawan windflowers. Salam
    @ kisah abu nawas: Begitupun saya kawan kisah abu nawas. Terima kasih kawan kisah abu nawas sudah mampir lagi. Salam
    @ komunitas online sragen: Sekedar suka share aja kawan. Klo koleksi cuma ada bebebrapa aja koq dari duit 1000 diatas hehehe..Terima kasih kawan komunitas online sragen sudah mampir dan silaturahmi disini kawan. Salam
    @ s : Terima kasih kawan 's' sudah mampir disini dan silaturahmi. Salam
    @ four dreams: Iya kawan sejarah uang seribu dari taun jadul ampe skg dah. Terima kasih sudah mampir disini kawan four dreams. Salam
    @ Pakde Cholik: Wah, ada tim blogcamp nih. Amin. tERIMA KASIH ATAS DOANYA PAKDE. Alhamdulillah terpilih jadi pemenang. Sekali lagi terima kasih pakde atas informasinya. Salam
    @ chikarei: Ada koq, pastinya penggemar uang. Chika juga menang kan. Jadi sama dong hehehe. Terima kasih sudah mampir lagi chika. Salam
    @ Djangan Pakies: Waalaikum salam Pak Ies. Hehehe, ternyata ada kenangan yach lewat postingan uang seribu rupiah ini. Terima kasih kawan Djangan Pakies. Salam
    @ syahida: Pasti hmmm (sambil garuk2 pala). Ya gitu deh..Terima kasih kawan syahida sudah mampir lagi nih. Salam
    @ Bumi Al Fattah: Salam kenal kawan Bumi Al Fattah. Bisa dapet byk kawan hehehe tapi sayang udah ngga lagi kawan. Terima kasih kawan Bumi Al Fattah sdh berkunjung dan nyempetin waktu disini. Salam

    ReplyDelete
  28. @ Common Cyber: Salam kenal kawan Common Cyber. Wah, saya dapet masukan baru nih. Nanti saya cek yach kawan. Saya punya beberapa dari uang seribu diatas kawan. Ngga juga koq kawan maksudnya saya kolektor pasif koq. Terima kasih kawan Common Cyber sudah mampir disini. Salam
    @ Asis Sugianto: Hahaha, saya juga punya yg gambar binatang itu kawan Asis Sugianto. Wah, baru keliatan lagi nih kawan. Terima kasih kawan. Salam
    @ dindasaurus: Jiah emangnya mau muka Dinda dipajang di uang, hehehe. Terima kasih kawan dindasaurus sudah berkunjung disini. Salam
    @ aciid !!!!!!: Iya kawan aciid !!!!!!. Nanti saya share deh buat kawan aciid !!!!!!. Terima kasih kawan. Salam
    @ aditya's blogsphere: Salam kenal kawan. Silahkan kawan. Terima kasih sudah mampir disini kawan aditya's blogsphere. Salam
    @ Urang Lembur: Terima kasih kawan Urang Lembur. Salam
    @ rezKY p-RA-tama: Hehehe, bisa aja kawan rezKY p-RA-tama. Terima kasih kawan sudah mapir disini. Salam

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !