Monday, November 22, 2010

Self terapi sedih itu...

Wah, sudah awal pekan di minggu ketiga nih. Mumpung masih fresh saya mau bagi2 tips nih dgn kawan kawan sekalian. Tips ini beberapa darinya tertulis di dalam buku2 motivasi. Bagi yang sudah merasa familiar ya harap maklum, saya cuma berbagi. Karena ini terinspirasi dari teman saya yg belum lama ini (masih dibulan ini) ditinggalkan kekasih hatinya. Jadinya kata' sedih' cocok dia emban untuk sementara.

Oke lanjut..

Hmm... Setiap orang pasti pernah ngalamin masa-masa sulit ngga terkecuali saya yg biasanya itu berdampak menjadi keadaan sedih. Dan sedihnya saya itu beraneka ragam kawan, bisa itu dari kerjaan, keluarga, lingkungan rumah atau masalah hati (cinta). Lain hal atau malah ngga sama mungkin bagi kawan2 sekalian.

 
Hmm...
Penyebab sedih itu macam-macam, secara umum bisa karena sedang patah hati, sakit secara fisik, bokek alias ngga punya uang, dan semacamnya. Saya menyadari sekali bahwa setiap dari kita pasti berbeda2 dalam menyikapi keadaan sedih ini. Bisa jadi loh pada saat-saat seperti itu orang akan mengalami frustrasi, depresi malah ekstremnya mencoba bunuh diri. Wuihhh, ngga ngebayang saya...

Mudah-mudahan kita termasuk orang yg berpikir positif bukan yg seperti itu. Amin. Nah, saya mau share lagi nih kawan siapa tau cara terapi pribadi ala saya ini bisa bermanfaat tuk kawan2 pembaca sekalian untuk menemukan kembali semangat diri.

Caranya itu...

1. Tersenyumlah
Tersenyum bisa 'mengakali' otak loh. Maksudnya? Begini kawan, saat otot-otot kita sudah memaksakan senyum, otak kita akan berpikir bahwa kita sedang senang.

2. Berpikir positif
Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya jika kita berpikir positif dan berpikir melingkar seperti yg dituliskan dalam buku Ari Ginanjar Agustian dan buku2 positif lainnya yg banyak diluaran sana. Dan umumnya para konsultan psikologi pun tak akan pernah bosan menghadiahi kedua kata ini. Sebab, ujung-ujungnya, segala masalah bisa terasa lebih ringan kalau kita selalu berusaha berpikir positif.

3. Habiskan waktu bersama orang-orang tercinta
Ada tipikal orang yg senang kongkow bareng sama teman-temannya, ada juga yg senang bermain dgn anak-anak kecil ataupun anak sendiri. Terserah saja. Yang jelas pilihan kedua itu amat menyenangkan. Bayangkan saat kawan mencubit pipi seorang bocah, menyaksikan keriangannya (menjilat es krim, bermain di kolam renang, atau melakukan apa pun). Percayalah, keriangan anak-anak itu akan menular.

4. Hadiahi diri sendiri
Biasanya kalau ada pekerjaan yg ngga saya sukai, ngga saya tunda. Langsung saya kerjakan, supaya kalo udah kelar saya bisa memberikan kado bagi diri saya sendiri. Hadiahnya itu ngga usah mahal-mahal, bisa dgn cara memanjakan diri di spa atau salon, berendam di kamar mandi, membaca majalah atau buku, atau apa sajalsh yg pasti itu hadiah tuk diri sendiri.

5. Bersih bersih
Keadaan yg kacau balau memang bikin dada sesak. Karena itu, bebenahlah. Biarkan segala sesuatu berada di tempat yang seharusnya. Seni kuno Feng Shui menyebutkan bahwa mengenyahkan kekacaubalauan di suatu tempat berarti akan mengusir energi negatif dari sana. Cobalah.

6. Bertindak
Bila ada sesuatu yang membuat kita cemas, entah itu kesehatan, pekerjaan, atau kehidupan rumah tangga sekalipun, segera lakukan sesuatu. Jangan biarin masalah itu jadi berlarut-larut dan menggerogoti kebahagiaan diri.

7. Menggerak-gerakkan tubuh sambil nyanyi
Siap yg ngga suka musik. Pasti kawan2 sekalian suka dong. Yups, pasang aja musik favorit terutama yg berirama disko atau dance atau apalah sesuai selera. Sambil bergoyang- goyang dan sambil nyanyi lebih baik lagi.

8. Ciptakan kesibukan diri
Kalau cuma duduk melamun dan merenungi nasib sambil mengeluh bahwa dunia ini terasa ngga adil. Hmm.. sudah jelas dunia ini memang 'terasa' ngga adil kalo dalam posisi sedih. Begitu dah kalo ngga punya kesibukan. Nah, cari sesuatu yg menyibukkan diri bisa itu mengerjakan pekerjaan tangan, memasak, berkebun, meredekorasi rumah dan sebagainya.

9. Menulis
Banyak para ahli setuju bahwa menulis itu dapat menghilangkan stress. Coba aja memulai dengan menuangkan apa yg sedang kita alami ke dalam selembar kertas. Biasanya kita akan kaget melihat hasilnya. Ngga terkecuali saya loh.. Jadi berasa lega aja.

10. Berolahraga
Manfaat olahraga pasti kawan2 udah banyak yg tau. Tapi, melakukannya ketika sedang sedih, bisa jadi alternatif lain loh. Antara lain, membuat kita lupa sejenak dgn masalah dan membawa kita pada semangat baru.

Terima kasih

Sumber: unknown

22 comments:

  1. seringnya yang menciptakan kesibukan dan menulis ^^
    kalau berkumpul dengan orang tercinta bukan pas sedih aja sie he he...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas artikel ini.. pas nih lagi sedih hehehe, btw kalau lagi sedih jarang bisa positif thinking mungkin karena emosi lagi labil :)

    ReplyDelete
  3. mengawali hari yang indah dengan tersenyum...

    ReplyDelete
  4. kalo ada yang lagi sedih..terus terapinya bersih-bersih, boleh juga tuh!! nanti saya undang ke rumah saya untuk menghilangkan sedihnya! :D

    ReplyDelete
  5. salam sahabat
    wah bagus untuk menghadiai diri senidir ini yang agaknya lebih untuk dimengerti makasih yach

    ReplyDelete
  6. mantab sekali tipsnya gan :D

    ReplyDelete
  7. yg agak susah itu berfikir positifnya sob...
    ada aja fik-negatif yg hinggap :))

    ReplyDelete
  8. Menulis! yeah di poin #9. Menulis juga bisa bikin unek2 menemukan jalurnya. Malah mendapat ide baru dan bertemu kawan kayak aktivitas menulis via blog qeqeqe tentu saja, nulisnya tanpa makian. kan kita mesti tersenyum :)

    ReplyDelete
  9. nomer satu, nomer sembilan dan.. nomer lima!
    hehehe, mampir ya..

    ReplyDelete
  10. baru tau nih cara menghadiahi diri sendiri, thanks tipsnya

    ReplyDelete
  11. Rasa sedih jangan dibiarkan berlarut..!
    Hidup harus terus berjalan,hadapi masalah dengan sikap yang bijak..!!

    ReplyDelete
  12. Sedih, boleh sedih tapi jangan berlarut-larut karena itu akan menghambat aktivitas.

    Terima kasih infonya kawan..

    ReplyDelete
  13. Motivasi diri yang bagus....BAdan jadi sehat, jiwapun demikian..... Alhamdulillah

    ReplyDelete
  14. kesedihan yang paling mendalam dan berbekas, ketika ditinggal pergi oleh orang yang sangat di kasihi dan sangat berarti buat hidup kita,,,,

    ReplyDelete
  15. masa sulit adalah masa yang menegangkan.
    hanya doa yang bisa membantunya

    ReplyDelete
  16. keren gan postinganya...
    i like it....

    ReplyDelete
  17. kalo chika lagi sedih sringnya jalan2 ke pantai^^

    ReplyDelete
  18. @ inge / cyber dreamer: Yups, klo ngumpul emang ngga harus pas waktu sedih mba'e. Tapi bisa juga loh dicoba..Thx Sdh mampir lg kawan. Salam
    @ N3773H: Sama2 kawan. Semoga membantu nih. Thx sdh mampir lg kawan. Salam
    @ joe: Yups, senyum itu juga termasuk ibadah kan. Thx sdh mampir kawan. Salam
    @ Popi: Bisa. Siapa tau melupakan sejenak kesedihannya mba'e. Thx kawan sdh mampir lg. Salam
    @ Dhana/戴安娜: Sama2 mba'e. Wah, baru mampir lagi nih kesini. Maaf saya jarang ketempat mba'e. Thx ya kawan. Salam
    @ Fir'aun NgebLoG: Terima kasih kawan Fir'aun NgebLoG. Thx ya sdh mampir lagi. Salam
    @ BLOG-SANTAI: Emang sih, tapi di usahakan aja kawan. Siapa tau berhasil mengalihkan sedihnya. Thx sdh mampir lg kawan. Salam

    ReplyDelete
  19. @ Halaman Samping-nya Inung Gunarba: Yups, setuju dgn Pak Inung. Menulis itu media altermatif bagi yg suka menulis tp bagi yg tidak ya bisa di coba cara yg lainnya. Thx sdh mampir lg kawan. Salam
    @ Huda Tula: Oke kawan Huda Tula. Segera meluncur. Salam kenal lagi. Thx sdh mampir disini. Salam
    @ M. Chandra Panjinata: Sama2 Pak. Terima kasih sdh mampir lg kawan. Salam
    @ Prapatan Kertek: Show must GO On kali ya pa. Setuju dgn kawan hadapi masalah dgn sikap bijak. Thx sdh mampir. Salam
    @ Urang Lembur: Yups. Diusahakan seperti itu kawan. Thx ya sdh mampir lg. Salam

    ReplyDelete
  20. @ syahida: Amin. Terima kasih tuk kata2 positignya kawan syahida. Thx ya sdh sering mampir disini. Salam
    @ Asis Sugianto: Semoga kesedihan itu dapat reda dgn mencoba cara2 ini kawan Asis Sugianto. Thx sdh mampir lg. Salam
    @ kisah abu nawas: Yups. Berdoa dan take action agar sedih itu lekas berlalu kawan. Thx sdh mampir lg. Salam
    @ sibutiz: Terima kasih kawan sibutiz. Thx yach sdh mampir disini lg. Salam
    @ chikarei: Wa, asyik banget tuh. Boleh lah saya di ajak. Udah lama nih ngga liat pantai. Thx sdh mampir lg kawan chikarei. Salam

    ReplyDelete
  21. Menarik sekali nih tipsnya. Saya jg pernah punya pengalaman sedih, tp dg selalu dekat dan berkumpul bersama teman2 yg gokil2 jd lupa akan masalah. Yg ada waktu hanya dipenuhi dg tertawa, hingga masalah itu hilang dg sendirinya.
    Sukses ya..

    ReplyDelete
  22. klo lagi sedih ngapain ya..????

    palingan bisa nya cuma main gitar sama nyanyi-nyanyi.

    tapi yg diatas bisa dicoba sich

    salam sahabat

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !