Tuesday, November 23, 2010

Kebiasaan orang-orang kita itu...

Masih mengawali pekan ini saya sempatkan tuk berbagi kembali dgn kawan2 sekalian. Masih seputar info yg biasa saya share dan info kali ini berhubungan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia pada umumnya tentang bertingkahpola, bersikap dan beretika.

Kenapa saya bilang umum? Karena saya ngga mau men-judge atau menilai secara objektif berdasarkan sudut pandang saya. Ya, saya kira suka2 aja deh. Hasil melihat koq. So, bila ada point2 yg memang menyentil bukan berarti tulisan itu sengaja tertulis tetapi itu hanya suatu bukti. Hmm, oke langsung aja kali yach..

Kebiasaan itu...

1. Banyak bertanya tentang hal-hal yang bersifat pribadi. 
Misal: Berapa umur anda? Apakah sudah berkeluarga? Mau pergi kemana?
2. Biasanya suka menyerobot antrian.
3. Berkomentar atau bergurau tentang seseorang.
4. Tidak mengetuk atau lupa ketuk pintu waktu mau masuk kamar.
5. Meludah dimana saja dan kapan saja, yang sering dijalanan.
6. Menertawai orang yang melakukan kesalahan atau merasa malu.
7. Selalu terlambat menepati janji untuk pertemuan atau menghadiri pesta.
8. Berpegangan tangan atau bergandengan tangan dgn sesama. Biasanya para remaja.
9. Melemparkan barang2 atau sampah bekas makanan dari jendela mobil, angkutan umum dan juga saat mengendarai motor.
10. Membunyikan sambungan tulang-tulang jari tangan, lengan, leher, dan sebagainya.
11. Memelihara kuku sampai panjang. Pria biasanya memanjangkan kuku pada sebelah tangannya, umpanya ibu jari atau kelingking.
12. Menutup mulut dengan serbet atau dengan tangan kirinya sambil membersihkan gigi.
13. Tawar-menawar di pasar tradisional.
14. Berkata "Ya.." atau "Mungkin.." padahal maksudnya tidak.
15. Menggunakan garpu ditangan kiri dan sendok ditangan kanan atau hanya menggunakan sendok ditangan kanannya saja.
16. Memaksakan tamu untuk memakan makanan tambahan, walaupun tamu sudah mengatakan bahwa ia sudah kenyang.
17. Membuka sepatu sebelum memasuki rumah.
18. Hanya menggunakan tangan kanan untuk menerima atau menawarkan sesuatu.
19. Mentraktir semua orang yang bergabung didalam rombongan pada waktu makan direstoran, dia juga yang mengajak pergi ketempat itu, dia juga yang membayar ongkos untuk semua yang ada didalam kelompok itu.
20. Menolak yang ditawarkan, hanya untuk terlihat sopan.
21. Menikmati pergi ke beberapa tempat sendirian atau mengerjakan hal-hal menarik beramai-ramai.
22. Memakai payung dihari yang cerah untuk melindungi diri dari sengatan cahaya matahari.
23. Mengunjungi seseorang tanpa memberitahu terlebih dulu.
24. Menundukan kepala bila melewati 2 orang yang berdiri berhadapan.
25. Mengucapkan "Terima kasih" yang berarti "Saya tidak mau", atau "Saya tidak berminat."
26. Mandi dua kali sehari dan berganti pakaian pun dua kali.
27. Mengancingkan kemeja hampir ke kancing yang teratas. (Kesopanan selalu penting untuk orang Indonesia. Hanya anak-anak muda cewek yang berani mau membuka 1/2 kemejanya bagian atasnya)
28. Mengulangi pertanyaan yang sama walau sudah dijawab.
29. Mencium pipi kiri dan kanan anggota keluarga, dan anak-anak mencium tangan orang yang lebih tua.
30. Mencoba memulai percakapan setiap orang asing yang ditemuinya.


Terima kasih
Sumber: unknown

25 comments:

  1. Berpegangan tangan atau bergandengan tangan dgn sesama. Biasanya para remaja ..
    wah kalo lawan jenis bukan kebiasaan malah, tapi pelanggaran budaya ketimuran ....

    happy blogging dan keep posting sobat

    ReplyDelete
  2. salam shaabat
    memang kebiasaan orang orang kita itu beragam dari sini pula kita bisa menemukan bahwa kebiasaan itu menjadi ciri khusus,makasih yach

    ReplyDelete
  3. Hehehe iya.. di antara sekian yang dicantumkan banyak juga kebiasaan yang saya jalani ada di situ, tapi kalau buang sampah sembarangan gak deh, kecuali kepepet hihi

    ReplyDelete
  4. ada yang pernah dilakukan dan ada yang ndak pernah dilakukan sama sekali, seperti ndak pernah nyerobot antrian dan masuk kamar tanpa ketok pintu.

    ReplyDelete
  5. Tidak mengetuk atau lupa ketuk pintu waktu mau masuk kamar.( rumah ) : ini yg tak kusuka sohib......dan banya kutemui di rumahku ndiri...

    ReplyDelete
  6. hahaha...

    ternyata banyak banget kebiasaannya ya, tapi kayanya belum semuanya sahabat, masih banyak kebiasaan yang sering dilakukan.

    Oia untuk No. 17, itu sengaja biar ga cape ngepel lantainya.. hehehehe

    ReplyDelete
  7. sebagian bagus.. Sebagian lagi kurang bagus...
    Tapi sepertinya lebih banyak yg kurang bagus..

    Hmm, kata2 ini mksudanya apa sob, koq aku kurang ngerti:

    'Menutup mulut dengan serbet atau dengan tangan kirinya sambil membersihkan gigi'

    ReplyDelete
  8. kalo berkeringat ketika makan, tetapi ketika bekerja tidak berkeringat,
    giman sob...
    temasuk juga???
    hehe

    ReplyDelete
  9. Wih... lengkap banget sob kebiasan orang kita,,,, hehehe... dari sekian banyak kebiasaan di atas,, ada beberapa yang mengenai diri saya,,,, jadi malu sob bacanya,,,, ^_^

    ReplyDelete
  10. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------
    Kebiasaaan2 diatas haya ada segelintir yg termasuk kebiasaanku..
    Serius..
    salah satunya no.5 oi oi
    :D
    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    ReplyDelete
  11. ternyata ada yg bagus dan ada yg jelek ya kebiasaan kita? jadi penuh dinamika!

    ReplyDelete
  12. malu seh :D
    tpi emank betul :p
    hkhkhkh

    ReplyDelete
  13. banyak juga ya hal2 sepele yang terlupakan
    oiya mas, linknya belum dibenerin ya hehe,, masih broken link tuh :D

    ReplyDelete
  14. iyap, emang kita banget ya. nyerobot antrian yg paling ngeselin haha

    ReplyDelete
  15. kalo menurut aQ,,point2 yg ada di atas sudah bisa dibilang representatif untuk saat ini

    ReplyDelete
  16. banyak sekali hal² sederhana bersifat kurang baik yang tanpa kita sadari keberadaanya dan sering kita lakukan hmmm...

    ReplyDelete
  17. wah..wah..luarbiasa idenya dalam tulisan artikel ini..kepribadian yang sulit di tebak untuk selalu di jadikan bahan pertanyaan bagi orang yang dekat dengannya..

    salam brooo

    ReplyDelete
  18. wah ane gak terlalu merhatiin, tapi kelihatannya pas banget

    ReplyDelete
  19. Wah, ane jadi tersentil neh...

    ReplyDelete
  20. benar banget kawan yang ditulis di atas tu...
    nice post..

    ReplyDelete
  21. Kebiasaan-kebiasaan yang positif perlu dikembangkan agaknya, demi kebaikan bersama. Dan, mengurangi sedikit-sedikit kebiasaan yang kurang baik juga demi kebaikan bersama.
    Salam kekerabatan.

    ReplyDelete
  22. yah... begitu dech kebiasan kita, itu juga kebiasaan pakde he he he....

    ReplyDelete
  23. Haha.. jadi terasa tersindir nih.. sob.. memang benar sekali tuh.. kena semuanya dah..

    ReplyDelete
  24. itu kebanyakan kebiasaan buruknya ya sob, wah.. wah... saya ambil yang baik-baiknya aja sob

    ReplyDelete
  25. SENANG degh mmapir sini benr bgd setuju BGd kebudayaan salah kaprah bgd hehhehe

    aku suka mampir sini cum aiklan yg dibawah itu membuatku enggan meliriknya hehhee
    ada iklan cewek2 buka auratnya hehhehe
    coba degh iklannya diminimkan biar gak bosen kesini ..... takutnya trauma....

    salm kenal yah... ana setuju dgn judul postingann'a

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !