Saturday, November 20, 2010

Kota yang padat itu...

INDONESIA itu ...

"Negara dgn jumlah penduduk yg gemuk alias banyak! (program KB itu masih berjalan ngga yach) beragam, lagi padat dan ..."

Begitulah jawabnya.

Adalah satu dari sekian banyak jawaban yg saya tanyakan kepada teman2 di kantor, se-tongkrongan ataupun lingkungan rumah saya sendiri. Hampir sama sih malah bisa dibilang cenderung miriplah jawabannya kalo saya tanyakan bagaimana kawan2 melihat penduduk di Indonesia itu.

Hmm... Ngga bisa dipungkirin ya kawan2 sekalian bahwa Indonesia itu adalah salah satu negara yg mempunyai jumlah penduduk yg sangat buanyak (hehehe...peringkat ke-4 negara berpenduduk byk di Dunia) dan semakin hari jumlahnya semakin bertambah. Hufht...

Hal yg kayak gini nih kemudian berpengaruh juga dgn kepadatan penduduk di kota2 besar di Indonesia (sok tau!) ini loh. Sehingga kota2 besar yg ada di Indonesia itu jadi kota padat dan penuh karena populasi penduduknya. 

Nah, ada info yg mau saya share dengan kawan2 nih. Sebelum lanjut, ada catatan tuk kawan2 pembaca semua. Saya akan beri sedikit bumbu visual sebagai pengawal berupa foto atau ikon atau maskot atau sesuatu yg masyarakat umumnya kenal dari masing2 kota terpadat di Indonesia itu.

Yuk..
Dan kabar dari data sensus itu diperoleh 10 data kota terpadat (dihitung berdasarkan jumlah penduduk berbanding luas wilayah) di Indonesia :
Gambar pertama
Ikon 'Monumen Nasional/Monas' kota Jakarta
1. Jakarta itu... (8.792.000)
Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta, Jakarta Raya) adalah ibu kota negara Indonesia. Dan luasnya adalah sekitar 740 km²; serta penduduknya berjumlah 8.792.000 jiwa. Kota Jakarta ini juga merupakan salah satu kota terpadat di Dunia...
Gambar kedua
Ikon 'Ikan Sura dan Buaya' kota Surabaya
2. Surabaya itu... (3.282.156)
Kota Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa, Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur. Luas dari wilayah kota surabaya ini adalah 374,36 km²...
Gambar ketiga
Ikon 'Gedung Sate' kota Bandung
3. Bandung itu... (2.771.138)
Kota Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota ini pada zaman dahulu dikenal sebagai Parijs van Java (bahasa Belanda) atau “Paris dari Jawa”. Karena terletak di dataran tinggi. Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Luas Kota Bandung adalah 16.767 hektar...
Gambar keempat
Ikon 'Menara Air Tirtanadi' kota Medan
4. Medan itu... (2.036.018)
Kota Medan (daerah tingkat II berstatus kotamadya) adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba, serta Pantai Cermin. Kota Medan sendiri memiliki luas 26.510 Hektar...
 Gambar kelima
Ikon 'Maskot Elang Bondol-Salak Condet' kota Bekasi
 
5. Bekasi itu... (1.940.308)
Kota Bekasi, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak di sebelah timur Jakarta; berbatasan dengan Jakarta di sebelah barat, Kabupaten Bekasi di utara dan timur, Kabupaten Bogor di selatan, serta Kota Depok di sebelah barat daya. Bekasi merupakan salah satu kota penyangga Jakarta selain Tangerang, Bogor dan Depok; serta menjadi tempat tinggal para komuter yang bekerja di Jakarta. Kota Bekasi terdiri atas 12 kecamatan yang dibagi lagi atas 56 kelurahan. Luas kota bekasi itu 210,49 Km²...
Gambar keenam
Ikon 'Pusat Pemerintahan' kota Tangerang
6. Tangerang itu... (1.488.666)
Kota Tangerang terletak di Provinsi Banten, Indonesia, tepat di sebelah barat kota Jakarta, serta dikelilingi oleh Kabupaten Tangerang di sebelah selatan, barat, dan timur. Tangerang merupakan kota terbesar dan terpenting di Provinsi Banten serta kedua terbesar di kawasan perkotaan Jabotabek setelah Jakarta. Luas kota tanggerang 164.54 km²...
Gambar ketujuh
Ikon 'Tugu Muda' kota Semarang
7. Semarang itu... (1.352.869)
Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Semarang merupakan salah kota yang dipimpin oleh walikota. Kota ini terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya. Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat. Luas kota semarang 225,17 km²...
Gambar kedelapan
Ikon 'masjid kuba emas' kota Depok
8. Depok itu... (1.339.263)
Kota Depok, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta-Bogor. Kota Depok terdiri atas 6 kecamatan, yang dibagi menjadi 63 kelurahan. Dan luasnya 200.29km²...
Gambar kesembilan
Ikon 'Jembatan Ampera' kota Palembang
9. Palembang itu... (1.323.169)
Kota Palembang adalah salah satu kota besar di Indonesia sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatra setelah Medan. Kota ini dahulu pernah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya sebelum kemudian berpindah ke Jambi. Bukit Siguntang, di Palembang Barat, hingga sekarang masih dikeramatkan banyak orang dan dianggap sebagai bekas pusat kesucian di masa lalu. Luas kota palembang 102.47km2...
Gambar kesepuluh
Ikon 'Pantai Losari' kota Makasar
10. Makassar itu... (1.168.258)
Kota Makassar (dahulu daerah tingkat II berstatus kotamadya; dari 1971 hingga 1999 secara resmi dikenal sebagai Ujungpandang atau Ujung Pandang) adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. di pesisir barat daya pulau Sulawesi, menghadap Selat Makassar. Makassar dikenal mempunyai Pantai Losari yang indah. Luas kota makassar 128,12 km²...

******
Oke kawan. Itu dia hasil dari urutan berdasarkan perhitungan jumlah penduduk berbanding luas wilayah. Wah, kota saya Tangerang ternyata masuk urutan ke-6 kawan. Saya kirain dia yg kedua setelah kota Jakarta... Terima kasih.

Semoga bermanfaat


Sumber: google.com

23 comments:

  1. Semakin padat kota maka semakin kompleks permasalahannya... semoga saja segera ada solusi buat permasalahan kependudukan ini, jangan sampai jumlah penduduk dikota makin tambah tapi jumlah penduduk di daerah makin sedikit karean arus urbanisasi he.he.he

    ReplyDelete
  2. jakarta urutan nomor satu sob

    ReplyDelete
  3. Untung Jogjakarta ga termasuk..ya iyalah..udara juga masih segerrr.......salam..

    ReplyDelete
  4. Tapi yang paling padat penduduk itu jakarta sob,, semua jenias dan lapisan masyarakat berkumpul di kota itu mengadu nasibnya demi sesuap nasi,,,, migrasi aja ke daerah saya yang masih banyak lahan kosongnya yang bisa digarap,,,,,

    ReplyDelete
  5. kota asalku urutan ke dua dan kota dimana aku beraktivitas urutan ke tiga, padat juga ya

    ReplyDelete
  6. Widih kota tempatku tinggal sekarang(Tangerang) ternyata juga termasuk kota padat ya haha..... klo Jakarta sih udah gak diragukan kepadatannya wkwkk...Wah baru tau aku Sob.. Thnx nie udah di share :P

    Met liburan N happy blogging...

    ReplyDelete
  7. waaaaahhhh untung kota malang ga msk dalam daftar toooohhhhhh amaaaannnn hehehehehehehehehehe

    ReplyDelete
  8. Wah, untung tegal gak termasuk. tegal kan kota yg damai.Hohoho.

    Oh, ya OOT nih mas Bagas...sebaliknya Tegal itu no.1 dlm kota bersih dr korupsi lho...
    saya bangga jd org tegal

    ReplyDelete
  9. kalau yang di pulau jawa alhamdulillah sudah semua dikunjungi... kapan yah ngunjungi yang diluar jawa >,<

    ReplyDelete
  10. wh, wah, kota-kota terpadat Indonesia itu....

    pokoknya itu ah :)

    have a nice sunny weekend ^^

    ReplyDelete
  11. Wah miris juga ya shob .... Kota yang padat pasti banyak permasalahan baik kejahatan, pengangguran, lingkungan yang kumuh dan masalah sosial lainnya ...

    ReplyDelete
  12. mmhh..bandungku padat juga ya..hihi..emang skrg udah mulai macet pula di bnyk tempat...:(

    ReplyDelete
  13. hanya bs berharap, bhw kota bandung ga akan tambah macet ke depannya...:)

    ReplyDelete
  14. penduduk Jakarta pada malam hari 8 jutaan tapi siang hari bertambah 3-4 jutaan karena penduduk kota satelit menyerbu ibukota qeqeqe Kalau kota asalku Jogja sih juga makin padat meski belum tetap nyaman ditinggali :)

    ReplyDelete
  15. kota favorit saya tetap jogja =D
    anyway, tukeran link yuuuk :)

    ReplyDelete
  16. datang menyampaikan rindu buat sahabat

    ReplyDelete
  17. Salam kenal juga mas :D, wah semarang termasuk kota terpadat ya. Kayaknya program KB harus benar-benar dijalankan dengan serius.

    saya sudah follow balik mas, link juga sudah saya pasang. Tapi tolong dicek dulu mas kayaknya link ke blog sederhana broken link soalnya ada dua http disitu thanks :D

    ReplyDelete
  18. wah, untung Aceh belum masuk nominasi ya..hehehe..:D
    tapi, mungkin suatu saat juga akan menular dari Medan, soalnya kan dekat:D

    ReplyDelete
  19. @ Sukadi Brotoadmojo: Bener pak, sepakat saya. Dampak urban memang seperti itu..Thanks sdh mampir lg kawan. Salam
    @ kisah abu nawas: Memang kawan. Mungkin karena pintu masuk Indonesia itu Jakarta jadi semua terfokus disana..Thanks sdh mampir. Salam
    @ Belantara Indonesia: Hehehe, jadi kangen pengen maen ke jogja lagi...Thanks kawan sdh mampir. Salam
    @ Asis Sugianto: Wah, kawan ashtho tinggal dikota apa yach..Sapa tau bisa berkunjung kesana dari Tangerang. Thanks kawan sdh mampir. Salam
    @ kakak dan abel: Wah, saya jadi tau nih kawan.. Thanks kawan sdh mampir lagi disini. Salam
    @ Ferdinand: Wah, kawan ferdinan tinggal di Tangerang jg..Dimana tuh kawan..Happy blogging jg kawan. Thanks sdh mampir lg. Salam

    ReplyDelete
  20. @ MENONE: Salam kenal kawan. Hehehe, iya tuh kawan. Aman. Thanks ya sdh mampir dan menyempatkan waktu kesini. Salam
    @ Common Cyber: Wah, selamat atas prestasi kota kawan Common Cyber yah. Mudah2 bisa jadi contoh kota2 lain yg ada di Indonesia. Thanks sdh mampir. Salam
    @ inge / cyber dreamer: Kapan hayo? wah, bisa tau adat dan kebudayaan tiap dareah tuh. Hebat mba'e. Thanks sdh mampir. Salam
    @ Madinger: Hehehe, ya gitu deh.. Thanks sdh mampir kawan. Salam
    @ syahida: Betul kawan syahida. Miris itu kata yg menggambarkan sikon. Jadi usaha dari masing2 masyarakat kota nya yg harus sadar diri. Thanks sdh mampir kawan. Salam
    @ windflowers: Amin. Semoga aja mba'e. Kota saya Tangerang juga termasuk dalam urutan. Thanks sdh mampir lg kawan. Salam
    @ Halaman Samping-nya Inung Gunarba: Iya nih kawan saya jadi pengen ke Jogja lagi. Thanks tuk info nya kawan. Salam
    @ Enno Ayu: Oke. Link kawan sudah terpasang di side bar kanan atas. Salam kenal. Thanks ya. Salam
    @ Arif Agus Bege'h: Wah, lama tak terlihat kawan Arif Agus Bege'h. Gimana kabarmu kawan, saya harap dalam keadaan sehat. Thanks ya. Salam
    @ saka hero: Oke kawan. Salam kenal juga. Segera meluncur ke TKP kawan. Salam
    @ Nova Miladyarti: Iya tuh. Wah, salam kenal kawan Nova Miladyarti. Thanks sdh mampir disini. Salam

    ReplyDelete
  21. Makasssar masih aman dari kepadatan penduduk.......

    ReplyDelete
  22. klo seandainya ortu gw dulu ikutan program KB, so pasti gw ga bakalan pernah ada di muka bumi ini, coz gw kan anak yg ke 5 :D hehehe...

    ReplyDelete
  23. uwaaaaaaaaaaa ternyata kota medan termasuk juga ya....

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !