Thursday, October 21, 2010

Melihat ABG sekarang itu...


Tahu dan pernah nonton film queen bee kawan? Klo ada yg belum tau ngga apa2 kawan. Kali ini saya ingin berbagi semangat kembali dengan kawan2 sekalian. Kemarin itu, saya disuguhi sebuah film yg katanya teman saya itu film ini tentang pemilu. Menonton film queen bee itu saya jadi mendapat inspirasi tuk menulis kembali. Bukan tentang filmnya loh (catat). 

Hmm, singkat cerita..

Di akhir film itu "sang presiden terpilih" (Rahmat Siregar) mengutip ucapan Soekarno dan berkata seperti ini "Berikan aku sepuluh anak muda kreatif maka Indonesia akan menaklukkan dunia."

Yaps. Anak muda, ABG, anak gaul atau mungkin apalah sebutan lainnya adalah penerus perjuangan dan generasi bangsa ini nantinya. 

Masih tetap nasionalis..
Saya menyatakan diri bahwa saya ini termasuk bagian dari mereka, jadi saya ini masih anak muda.

Lanjut lagi kawan...
Dalam film itu, terasa sekali perbedaan gaya, pemikiran, ucapan, serta sopan santun dari anak 'ABG' muda jaman 80-90an dengan jaman sekarang (abad 21-era informasi) ini. Perkembangan IPTEK, seni dan kreatifitas itu yg membuat perbedaan itu jadi nyata dari anak2 muda jaman sekarang. 

Yang ingin saya sharingkan kembali disini adalah hasil dari melihat gaya, penampilan, pemikiran, pola dan tingkah laku, ucapan dari anak2 'ABG' muda jaman sekarang yg notabene-nya "anak gaul". (termasuk saya? mgk!)
Mungkin bagi kawan2 sekalian atau kita pada umumnya yg sudah sangat menjiwai seni (secara umum) dan 'emang gue banget' itu katanya tak apalah, saya pribadi sulit menolaknya. Sebagai catatan aja, apabila kebetulan ada nama tempat atau lokasi dan merek dagang yg tertulis disini saya tidak bermaksud promosi atau mencaci. Semua itu hanya jembatan ilustrasi saja..

Oke, dan inilah 100 ciri anak muda, ABG, anak gaul Jaman Sekarang...

1. Model rambutnya mohak, emo, harajuku, britpop..
2. Stelannya indies, rock and roll, atau kejepang2an lah..
3. Jaket tuk cewe : warnanya nabrak2 kayak IJO, KUNING-army atau sekarang2 ini mulai kotak2 bergaris..  jaket si cowo : jeans-cardinal-vitage merek adidas pake jas yg item-army..
*tuk cewe-cowo: semua pakaian, mulai dari sepatu sampai jam tangannya buatan distro..
4. Beli baju atau jaket ? KE DISTRO aja.. (walaupun ga beli, cuma liat2 dulu)
5. Pake gelang karet yg item2.. (biasanya dari karet radio)
6. Pake gelang POWER BALANCE.. biar imbang ngga jatoh atau miring2...

7. Jomblo 'sami sareng' cupu ..
8. GA ADA LAGI LAGU ANAK2, jaman saya msh ad Trio kwek kwek, Agnes monica, Bondan si lumba2, Ria Enes sama boneka Susan, Eno Lerian dll ..
9. Klo nonton TV? MTV terusss...( yg penting acara musik, mau itu live or lipsing)
10. Malem minggu ngajak si doi pasti ke mall... (ngga jajan ngga masalah yg penting bisa nampang)
11. Gaya ngomongnya "GUE GITLOHH..", "SECARA... ... GITU LOHH...", "CAPE DYEEE...","TAU NGGA Sii...", "Ihhh Males Banget DEh gue..."
12. Klo ke warnet cuma buka FB, Tweeter or FRENDSTER...
13. Di bis, angkot, atau lagi jalan kaki .. di sekolah atau kampus selalu bawa mp3 atau i pod trus ..
14. Hp minimal 2 jt-an berkamera ..
15. Klo ambil pose saat mau foto :
yg cewe: 45' DERAJAT DENGAN TAMPANG SO CUTE.. (BIAR JELEKNYA GA KELIATAN)
yg cowo: NGANGKAT DAGU NGELIAT KE ARAH YG TERANG CAHAYANYA.. NUNDUK KE BAWAH TRUS MATA LIAT KE DEPAN sambil pamer rambut .. dipasang di FB, twet or FS ..
16. Bahasa sms "h1..hr Ni Lo3 M0 jLn2x B4rEn9 tem3N2x 9W g?" (bahasa ALAY, anak lebay)
17. Punya mobil mahal2, motornya CBR trus caper padahal punya ortunya.
18. Rambut yg cewe item dan lurus banget .. 

19. Lagu-lagunya .. indie, britpop, japan.. 
20. Mulai deh maen ke clubing ..
21. Punya banyak nomer perdana mulai dari im3, xl, simpati, esia trus no-nya di iklanin di forum2 majalah, radio, dll.
22. DRAGON BALL, DORAEMON, KUNG FU BOY, CHIN MI, LEGENDA NAGA.. sekarang BLEACH, DEATH NOTE, NARUTO, 20th Century boy, dll..
23. Pramuka.. dulu sih gaul, sekarang?
24. Makan.. Mcd, KFC, PIZZA, JCO, bread talk dll..
25. Games.. cs-ragnarok-dota..  (selanjutnya apa ya..)
26. Tujuan ke pensi cuma pamer pacar atau gebetan ke orang lain..
27. Paling suka NOMAT..
28. Kelas 3.. SSC, GANESHA OPERATION, izi...
29. JADI KORBAN penculikan MLM .. (prospek bagus)
30. Cewe.. korban kokology... hehehe
31. Katanya bego kalo ngga nonton HEROES, PRISON BREAK, dll.
32. Yg cewe nonton drama korea.. Princess hour anyone ..
33. Nonton reality show SCTV, TRANS TV, RCTI, dll.
34. Belajar dari MBS (buku musik plus accord gitarnya)? sekarang guitar pro ..
35. Jamannya pake laptop, tp nyari wifi gratisan bahkan klo sdg perkuliahan, dosennya gerak sedikit pencet "alt-tab"..
36. MIYABI dan jav idol dan video porno anak2 smp-sma-dewasa, di save di hp trus pas istirahat lsg promosi lsg dikerubutin sama orang2..
37. Nangkring di pinggir2 mall sambil ngeliat ke bawah..(liat cewe pke baju seksi sekalian liat *maaf belahan) hehehe..
38. Yg cewe jalan2 ke stroberi yg nyediain pernak pernik..
39. Foto di Fb tweet or fs pake editan photosop..
40. Pake jam tangan levi's/odm yg kotak2..
41. Kalo ngobrol pake kata2 "bo", "bro", "sob".. (aduh bo, tau ngga sih loe tadi dia ngeliatin gw gitu!)
42. Kerjaannya nyari invitation biar bisa clubbing gratis..
43. Ngerokok, tapi ngga ditarik.. cuma isep-buang isep-buang doang.. biar keliatan keren..
44. Hape punya 2 atau lebih.. satu buat sms, musik, foto2, dll.. yang lainnya lg buat nelpon murah.. hehehe
45. Skinnya jeans..
46. Kalo lagi sendirian di tempat rame, kerjaannya ngotak-ngatik hape, biar keliatannya lagi sms-an, padahal kesepian biar ada kegiatan..
47. Dulu doraemon sekarang spongebob..
48. Kebanyakan cewe jaman sekarang dari belakang diliat malam minggu tapi di liat dari depan... buset! malam jum'at kliwon
*maaf.. hehehe
49. Cuma bisa dengerin lagu, ngga bisa nyanyiin dgn benar atau mainin alat musik ..
50. Sok-sok-an jadi pembalap.. (khusus cowo.. kyknya  cewe jg)
51. Beli brand distro di blok m..
52. Jamannya pake celana pensil sama sepatu jerry.. (pantofel kadang jg)
53. Klo berdebat, pke bahasa bon-bin sama bahasa di atas ranjang..
54. Smoking pagi2 atau nge-ganja trus ke sekolah eh malah sakaw..
55. Yg cewe bodinya pada jadi semua padahal umurnya baru 14-17 tahun.. (tanya kenapa?)
56. Trus pada rame2 pake kartu selular sama "yg lg promosi murah" biar bisa sms gratis.. 

57. Para cewe sibuk cari cowo anak emo biar ngga ketinggalan jaman..
58. Si cewe kalo jalan ke mall bawa tas yg ditaro di lengan (kurang tau namanya) biar keliatan dewasa..
59. yg cowo pada rame2 ke salon buat smoothing rambut..
60. Bikin MSN/YM biar dikata gaul .. lalu bikin myspace, LC (Live Connector), Facebook dan situs pertemanan lainnya..
61. Kalo cowo dulu, baru kenalan sama cewe nanyanya nomor hape doang skg ditambah lagi, fb loe dong ?
62. Ngerokoknya sok2an mallboro..
63. Pada demen jalan ke PIM, BIP .. tongkrongan wajib anak gaul tiap malam minggu..
64. Bawa laptop cari wifi gratisan = KESEPIAN, NGGA ADA TEMPAT TONGKRONGAN, jadi mojok deh buka web yg ga penting. hehehe..
65. SMU uang jajan 50.000-100.000 sehari ..
66. Aksesoris hp rame bgt, apalagi yg dibadan: bando, anting, kalung, gelang..
67. Baca teenlit dan cosmo girl dll..
68. Kalo lagi ngomong kadang pke lirik lagu, dan kadang ngga nyambung pula..
69. Cewe2, ngobrol di angkot dalam jumlah banyak, biasanya baru ngomong sedikit trus lsg pd ketawa.. (sering bgt)

70. Udah banyak cowo yg berbadan tinggi.. (tahun 2000an belum)
71. Kalo ngomongin bola biasanya debat sampe taruhan duit (5000 ribut?) hehehe..
72. Cewe jaman sekarang udah pinter pencahayaan (ya begitulah kira kira)
73. Jaman nya CAMPUR-CAMPURIN ALIRAN/GENRE (good or evil?)
74. Yg punya hape udah kayak mekanik hape .. hapal fitur2 hp..
75. Kaum yg hobinya minoritas (klo dulu dianggap kuper) skg malah jadi gaul..
76. ssssttt.. capek, istirahat dulu. (maaf ngga termasuk nih)
77. Udah jarang yg bercita-cita jadi DOKTER, ILMUWAN, ARSITEK, DLL (yg jurusan IPA lah....)
78. Kalo sms romantis ngga mau pke bahasa indonesia, pke-nya bha inggris atau bhs alay..
79. Pasti minta di add sama temennya, padahal tiap hari bisa ketemu disekolah..
80. Baju kuning, cardigan ungu, celana ijo, sepatu pink..
81. Oh ada lagi, kalo cowo pke polo shirt kerahnya pasti dinaekin..

82. Kalo bawa mobil musiknya pasti yg "jeb ajeb2" plus sound sistem yg super duper gede n kenceng..
83. Bawa mobilnya ngga mau kalah sama supir angkot.. sliweran sana sini, ngebut .. trus knalpotnya di ganti..
84. Makan rombongan, penampilan keren, pas bayar antri alias 'BMM' kasirnya BT kenapa ngga sekalian diutus 1 org aja yg bayar..
85. Para ABG kalo ke starbucks yg beli kopi cuma 1 orang yg nongkrong 1 geng ...
86. Di sekolah ade sy misal ada 1 orang yg *boker, langsung rame2 ngrubutin, ngintip trus diguyur.. Kebangetan emang.
87. Cowok: cardigans (vest juga sering), baju mickey mouse, celana skinny jeans, sepatu converse, rambut gondrong indie, badan begeng.. hehehe
88. Kalo ngomong suka berlebihan n sok baku misal "saya tinggal di Jakarta selatan yang tiap hari semakin menggila saja" atau "gue terjebak dalam hiruk pikuk Jakarta ini yang semakin kompleks" hufft..
89. Kalo ngetik sms suka aneh2 .. "sayaH sedang galau menikmati sepi sendiri .. Ah, benar2 gelisah.. HUHUHU..."
90. Suka mengganti kata akhiran "dong" dengan "doms". ngapain "ngapz", dll..
91. Merubah nama orang jd ditambain imbuhan "ski" misal banyu jd banski, toni jd tonski..
92. Friendster/myspace/facebook nya ngga nahan. fotonya dibuat seartistik mungkin... profilnya diisi dgn kata2 ngga jelas kyk di atas...favorit movie, books, sm musiknya pst didominasi oleh nama2 yg lg terkenal (biar dibilang punya pengetahuan luas n gaul gtu...)
93. Cewe2 mengucapkan kata "ya iyalah" dan "jangan gila dong" dengan lidah yg melet2 kyk orang lg teler...
94. Dugem dan free sex adalah hal yg biasa.. (parah)
95. Selera musiknya high class dong...indie pop, folk, jazz, ambient, chill... tp ad jg cewe yg ngaku2 suka band2 emo pdhl ga tau lagunya...
96. Makannya selalu di kemang food fest, trus beli buku udah ga jaman di gramed, sekarang mah maenannya AKSARA...
97. Menggilai pop art dan selalu memakai baju bergambar marylin monroe atau cover album velvet underground yg bergambar pisang...
98. Kalo friendster, myspace, facebook... yang penting temennya banyak! Mo kenal kek, kagak kek, add aj trus... klo perlu bikin account lebih dari lima.. (sekalian cari jodoh)
99. Soal jazz.. ngga tau tu klo ad yg ngomong begini "loe udah dewasa, ga jaman lg denger rock harus jazz" padahal tahunya cuma MALIQ and The Essentials...
100. Ngga hapal liriknya klo disuruh nyanyi lagu wajib... atau malah ngga tau..



Nah, inilah beberapa hasil mengamati anak 'ABG' muda, jaman sekarang. Mungkin dari kawan2 sekalian merasa bahwa masih ada yg kurang tepat atau kurang baik dari tulisan diatas, silahkan mengoreksi atau menambahkan. Ini semua adalah keterbatasan pengetahuan saya dalam melihat dan mengamati. 

Meski ngga semua dari ciri2 diatas itu sama persis dalam kenyataan tapi beberapa point itu pasti mewakili dari setiap mereka.
Terima kasih..



Sumber : ini

39 comments:

  1. cuma kurang zakatnya...:)....ya kadang suka eneg juga liat perkembangan abg..alay lah....kwkwk..tapi ya ambil postipnya selama tak menjurus yg negatif, nanti seiring usia bertambah akan menjadi baik dan bersahaja..amin

    ReplyDelete
  2. salam sobat
    benar ciri2 anak ABG gaul sekarang yg 100 di atas.
    rambut dicat dan model mohak, kalau pantas sama mukanya sih ngga apa-apa, dilihat juga enak.

    ReplyDelete
  3. buset! lengkap banget ciri-cirinya..baru baca ampe 76..heu

    ReplyDelete
  4. wow ampe 100 tentang anak mudah jaman sekarang ...
    salut bisa mengamati sampai banyak ....

    ReplyDelete
  5. Peran orang tua sangat besar sekali dalam membimbing anaknya yang ABG untuk menuju pada jalan yang baik dan benar. Masa abg adalah masa mencari jati diri, kalau keliru wahhh.... berbahaya....

    ReplyDelete
  6. Waduh.... sampe 100 tuh model anak muda sekarang,,, maklum aja sob ABG labil gitu yang masih mencari jatih diri mereka,,,,,,

    ReplyDelete
  7. mantabs sahabat ...
    sangat menyentil sekali ...!

    ReplyDelete
  8. yang suka ikut kajian dan daurah islamiyah nggak ada ya den, makanya jangan heran kalau negeri kita selalu di dera bencana

    ReplyDelete
  9. lengkap banget ciri-cirinya, dapat dari mana sob..???

    wah kayanya masuk tipe no....?????

    rahasia ah..

    ReplyDelete
  10. saya mau jauh2 dari 100 hal itu dah :)

    ReplyDelete
  11. wah bener banget sob emng kaya gitu model anak abg sekarang, temen ane ada tuh yang kaya gitu hha

    ReplyDelete
  12. wow banyak sekali cirinya ABG ini

    ReplyDelete
  13. Sesungguhnya anak muda sekarang adalah cermin sesebuah negara di masa akan datang kerana mereka bakal menjadi peneraju dan pengendalinya... maka, anak-anak muda harus sedar dan berubah agar negara bangsa terus terbilang di persadan dunia... jangan terlalu kebaratan, biarlah kita maju berdasarkan acuan sendiri... keASIAan...

    ReplyDelete
  14. salam sahabat
    abg sekarang banyak yang meniru gaya barat terbukti pada point point yang anda sebutkan juga berdasarkan adanya gaya ngomong inggris heheh maaf ya telat good luck

    ReplyDelete
  15. Hasil pengamatan yang akurat, salut deh...

    ReplyDelete
  16. Yes! sekarang udah ampe 100!

    ReplyDelete
  17. @ Belantara Indonesia: Amin. Mungkin sikap labil yg masih dominan itu kawan. Thx kawan belantara Indonesia sdh berkunjung. Salam
    @ NURA: Hmm, gmn yach mba. Emang begitu dah gaya dan penampilan ABG sekarang. Thx mba Nura sdh mampir kesini lg. Salam
    @ TUKANG CoLoNG: MasyaAllah kaget sy kawan. Sok atuh di lanjut bacanya kawan. Thx kawan. Salam
    @ Kopi Susu Pahit: Thanks kawan. Sebenarnya itu secara umumnya saja kawan, bisa dilihat koq ciri2 mereka itu. Salam
    @ syahida: Setuju kawan syahida. Masa2 ABG itu memang rentan dgn kata 'LABIL', konsep pembentukan JATI DIRI, ortu dan lingkungan positif sangat berpengaruh. Salam

    ReplyDelete
  18. Haha..... klo masih batasan itu sih biarin lah... yg penting gak sampe ng'ganja dan ngobat.... apalagi Ngsex sama pacarnya hhe... aku malah belum nonton Sob... bagus nie kayanya... Happy blogging ya... :P

    ReplyDelete
  19. @ Asis Sugianto: Iya kawan ashtho, memang 'labil' itu yg byk tertangkap dari ciri2 anak ABG muda. Jd dgn sebuah penampilan yg ngga tetap itu sy bisa melihatnya dgn jelas perbedaan ditiap mereka. Thanks kawan. Salam
    @ BRI Jakarta Veteran: Halo Om, pa kbr Om? Ngga usah djwb sy harap dlm keadaan baik dan sehat selalu. Amin. Ups, menyentil ya kawan mudah2 mereka dapat pencerahan. Thx kawan. Salam
    @ berpikir positif: hmm, saya ambil hal umumnya kawan, coz hampir bisa dilihat setiap harinya ciri2 yg tertulis itu kawan, tp untuk yg kawan tanyakan insyallah sy pikirkan. Thanks kawan sdh mampir dan baca2 disini. Salam
    @ z33s: Hehehehe, lengkap. Saya malah ngerasa masih kurang kawan z33s. Ngga apa2 klo ngga mau ngasi tau kawan. Thnaks ya sdh mampir lg. Salam
    @ AeArc: Salam kenal kawan. Iya kawan, sy aja bingung bs panjang gitu. Thx ya kawan. Salam

    ReplyDelete
  20. Gyaaa....

    Saya merasa.....

    ReplyDelete
  21. @ secangkir teh dan sekerat roti: Oke deh kawan. Thanks sudah sering2 mampir kesini kawan. Salam
    @ Ibnunu: Thanks kawan. Mungkin mirip aja kali kawan. Thanks ya sdh mampir dan komentar kawan. Salam
    @ kisah abu nawas: Iya kawan Abu Nawas, saya jg ngga tau bisa numpuk begitu. Thx Kawan. Salam
    @ Fuziani JSR: Sejalan kawan. Salam kenal yach. Bangun semangat keASIAan kawan. Thx Kawan. Salam
    @ Dhana/戴安娜: Memang mba, beberapa point yg ada itu mewakili gaya kebaratan tp era globalisasi sudah terjadi yach diambil positifnya aja kali yach mba'e. Makasih mba Dhana sudah merespon. Salam

    ReplyDelete
  22. @ lina@happy family: Thanks mba Lina, makasih sudah berkunjung kembali. Salam
    @ TUKANG CoLoNG: Akhirnya, Thanks kawan sudah kelar membacanya.. Salam kawan
    @ Ferdinand: Hehehe, video terbaru Aceh membara kawan. hehehe. Salam kawan
    @ AuL OwL: Ups, semua point atau beberapa kawan! ngga usah dijawab kawan. Thank ya udah mampir kawan. Salam

    ReplyDelete
  23. emang abg jaman sekarang tu aneh2, saya paling g suka dng abg yang alay....

    ReplyDelete
  24. wah, ane juga termasuk di dalemnya tuy, hehhe...nice posting...:)

    ReplyDelete
  25. wktu itu soekarno meminta 10 bahkan 100pun ada. coba lihat sekarang minta 10 1 pun gada, jgnkan begitu pemimpin kita skr ga bisa berkata begitu, ga berani atas resiko yg akan diemban

    ReplyDelete
  26. waduh..anak saya beberapa tahun ke depan jadi ABG nih! siap2 saya sport jantung .. :(

    ReplyDelete
  27. bener2..hihi..abg sekarang emang kaya gitu..aneh ya..koq dng celana baping kaya gitu, mereka bs nyaman ya...? hihi..

    ReplyDelete
  28. ha ha ha ha begitu ya ABG sekarang

    ReplyDelete
  29. jiaa
    detail banget nihh
    ABG yang gx kayak gitu juga ada^^
    yang hidupnya di isi dengan memberikan manfaat pada orang lain
    tapi langka siii

    ReplyDelete
  30. waduh sob.........
    banyak banget yah....
    untung saya nggak nyentuh sedikit pun...
    (mungkin)
    hehe
    happy blogging kawand.....

    ReplyDelete
  31. semoga aja gk smua ABG ky gt, Amiiin..
    salam kenal sob :)

    ReplyDelete
  32. salam sobat
    berkunjung kembali
    melihat ciri2 ABG sekarang

    ReplyDelete
  33. eh masalh tipe rambut (poin 1), plontos kok gag ada? brati kalo botak gag ABG dong. ATBG kali ya..Anak Tuyul Baru Gede..hihi

    ReplyDelete
  34. Akhirnya aku bisa nyampe juga ke kotak koment... maaf ya sob, dari kemarin coba, maklum... jaringan lemot..wkwkwkwkwk

    Klo aku sih, dulunya ada prinsip "LEBIH BAIK NAKAL DIWAKTU MUDA DARI PADA SUDAH TUA BARU NAKAL", jadi... mungkin... amibae muda dulu ya.. kelakuannya hampir sama seperti ABG sekarang, Gauuul..gitu loh.. (sampai kejar2an sama pak satpam di Mall gara2 berkeliaran di jam sekolah, but that's OK....

    Nasehat org tua:

    "Cobalah bisa memilah antara KEBUTUHAN dan KEINGINAN....", klo sudah bisa membedakan.. pasti hidup ini amaan.. dan Indonesia juga damai... Merdeka!!!!

    ReplyDelete
  35. semoga saja ada perubahan yang lebih baik sob

    ReplyDelete
  36. waduh...saya kira-kira masuk salah satu ciri-ciri diatas ngga ya...he.he..he...

    O...ya sobat...follow ya di blog saya...he..he..

    ReplyDelete
  37. Terimakasih ya sobat sudah follow di blog saya..
    salam persahabatan selalu....

    ReplyDelete
  38. lihat ABG sekarang bikin bingung, dibilang ABG tap kok kebiasaannya sudah kaya orang dewasa...

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !