Wednesday, September 22, 2010

Sales and marketing itu...

Sungguh saya merasa ada baiknya membagi tulisan ini dengan yang lain. Bagi kita yang emang belum mendapatkan pekerjaan atau sudah bekerja dan berada di posisi ini ada baiknya membaca tulisan ini. Melihat banyaknya lowongan kerja di koran koran nasional yang hampir rata2 menawarkan kerja untuk posisi MARKETING atau SALES, saya tertarik untuk berbagi pengalaman.

Hati2 dengan strategi marketing piramida berbasis komisi. Kenapa? Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan strategi marketing associate. Mereka akan merekrut orang sebanyak-banyaknya dengan sistem piramida. Orang yang direkrut akan diwajibkan untuk merekrut orang lagi untuk dijadikan bawahannya dengan iming-iming mendapatkan pendapatan yang besar dibandingkan bekerja tanpa bawahan.

Bagi pelamar yang baru lulus dan yang kurang pengalaman mungkin bisa aja kejebak dengan sistem ini. Seolah-olah kita sudah diterima kerja tapi sebenarnya kita bekerja pada mereka secara full time namun sistem rewardnya hanya komisi hasil kerja kita atau gaji dasar yang diberikan sangat minim yang terkadang di bawah UMR. Akan tetapi perusahaan yang seolah-olah bonafit, besar, dan terkenal dapat membuat anda mengiyakan tawaran mereka untuk bergabung.

Sebenarnya pekerjaan yang mereka tawarkan adalah sales berbasis komisi. Perusahaan yang sering menggunakan tehnik semacam itu :
- Perusahaan Futures atau Bursa berjangka (Forex, Valas, Saham, Reksa Dana, dan sebagainya)
- Perusahaan Asuransi
- Perusahaan Perbankan (Kartu Kredit, Kredit/Loan, dll)
- Perusahaan MLM, dan sebagainya.

Ngga semua perusahaan di atas melakukan tehnik yang serupa demi mendapatkan keuntungan yang besar, masih banyak jenis perusahaan lainnya yang sedang atau mungkin akan mengadopsi sistem semacam itu. Semua perlu diwaspadai.

Sekali lagi ngga ada larangan untuk bergabung dengan mereka. Sebaiknya perhatikan kemampuan yang kita miliki. Jangan terlena dengan tawaran dan janji tanpa melihat situasi yang sebenarnya. Banyak juga orang yang sukses dan banyak pula yang akhirnya keluar dengan tangan hampa dan bahkan kehilangan nyawa.

Bergabung dengan perusahaan investasi futures (baca: jangka panjang) akan mewajibkan anda mencari modal untuk dimainkan dengan cara apapun. Resiko kehilangan uang 100% pun bisa terjadi dan membuat anda putus asa. 

Sekali lagi berhati-hatilah menentukan langkah. Jangan tergesa-gesa mengambil keputusan yang penting dan vital. Bersabarlah dalam mencari kerja. Mencari kerja dan uang tidaklah mudah. Tetaplah jujur dan tidak mengambil sesuatu yang bukan milik agar hidup selalu bahagia, damai, aman dan tentram.

Semoga bermanfaat karena saya bukannya ngga mau memberikan tips tetapi informasi ini salah satu cara agar kita (baca: pencari kerja) dapat lebih bijak lagi dalam menentukan.

10 comments:

  1. Tetaplah jujur dan tidak mengambil sesuatu yang bukan milik agar hidup selalu bahagia, damai, aman dan tentram.==> setuju banget sama kalimat ini.

    ReplyDelete
  2. makasih infonya ya...semoga kita makin jeli dan tidak salah mengambil keputusan.

    ReplyDelete
  3. Betul Sob, kita harus lebih ekstra hati2. Terlebih menyangkut uang, jangan2 modal ikut melayang....

    ReplyDelete
  4. memang sih kalo di koran2
    lowongan pekerjaan itu yang paling banyak^^

    ReplyDelete
  5. Dulu saya hampir dapat kerjaan spt itu, untung gak ikut..

    ReplyDelete
  6. ah.. paling anti sama MLM.. kapok dah!

    ReplyDelete
  7. @ SDA : Thanks for coming

    @ Narti : Sama2, amin semoga saja mba. Thx

    @ Vini Vidi Vucinic : Thanks Om..

    @ Chikarei : Hehehehe, tau aja. Thx

    @ Sangpenjelajahmalam : Thanks for coming bro...

    @ bliyanbayen : Thanks for coming bro...

    ReplyDelete
  8. thanks infonya ...harus hati-hati nich..klo nyari kerja

    ReplyDelete
  9. Sangat bermanfaat nih..
    Thank you so much bro!

    ReplyDelete
  10. @ bagoezt : Sama2 kawan. Thx jg sudah mampir. Salam

    @ Dewi : Thanks sis... Salam

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !