Thursday, November 18, 2010

Sakit gigi itu...

Saya ini tipikal orang yg jarang sikat gigi jika mau tidur malam. Lain hal klo di pagi hari apalagi setelah bangun tidur dan sehabis mandi itu sudah pasti. Hmm.. Sakit gigi sangat umum terjadi bagi mereka yg kurang perhatian dan ketat kontrol pada gaya makanan dan kebersihan mulut. Klo ini sudah terjadi alias sakit gigi penyebab ketidaknyamanannya amat besar dan rasa sakitnya itu loh. Wuihhh...

Menurut para pakar gigi ada beberapa penyebab sakit gigi contohnya seperti peradangan dan infeksi pada kerusakan gigi atau kondisi suhu yg ekstrim. Selain itu juga kebersihan oral sangat penting. Selain menyikat dan membersihkan gigi dan gusi dgn benar kita diharuskan untuk mengambil diet yang tepat (merujuk ke pola makanan mungkin). Asupan gula harus dikontrol untuk kesehatan mulut yang baik.
 
Sakit gigi oh sakit gigi...

Jika menderita kerusakan gigi kata teman saya, sebaiknya harus mengunjungi dokter gigi agar kita tidak sembrono dalam menangani penyakit ini. Saya ini kawan, lagi2 lumayan sulit untuk mengunjungi dokter gigi, terakhir saya datang dua bulan kebelakang dari sekarang. Padahal anjuran teman saya itu, kita akan diperlakukan secara profesional. Dan biasanya ucapan umumnya infeksi pada gigi dan gusi dapat diobati dengan antibiotik.

Ternyata loh kawan2 ada solusi alami yg dapat ngebantu nyembuhin sakit gigi itu lebih cepat. Bagi kawan2 yg kurang suka konsultasi ke dokter dan pengen penanganan alami bisa dicoba cara ini. Sekali lagi kawan, cara ini sangat alami dan mungkin bagi sebagian kawan agak ragu melakukan tapi untuk kesembuhan kenapa tidak toh saya sudah mencobanya. 

Nah, cara2 itu diantaranya...
  1. Jeruk nipis. Peras sari jeruk nipis, ulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi.
  2. Bawang merah. Kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut.. Kunyah selama beberapa menit.
  3. Bawang putih. Potong halus bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah didaerah yg sakit. kawan juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi.
  4. Rumput gandum sebagai campuran makanan. Sangat baik dalam membunuh bakteri di gigi. Ini juga dapat membersihkan racun dan membuat gigi sehat dan kuat.
  5. Mengunyah cengkeh juga merupakan obat yg sangat baik buat sakit gigi. Dan minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk hasil yg bagus.
  6. Campuran sejumput lada di seperempat sendok garam dan gosokkan pada gigi. Campuran ini tidak hanya membunuh bakteri pada gigi, tetapi juga membersihkan dari racun dan bakteri berbahaya gigi lainnya.
  7. Minum jus lemon dan makan buah-buahan serat lainnya membantu menjaga kesehatan gigi.
  8. Es batu berbungkus kain lalu tempelkan di pipi dan rahang. Membantu dalam mengurangi rasa sakit dan juga melemaskan gigi.
  9. Makan buah-buahan kaya vitamin C karena sangat baik untuk akar gigi.
  10. Campuran minyak mustard dan bubuk kunyit pada gigi juga merupakan penyembuh yg sangat bagus. 
Terima kasih

sumber INI

36 comments:

  1. owh.... mantab bgt tuch ide terapinya :D

    ok, link anda sudah saya pasang di halaman blogroll,
    terima kasih :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas postingnya. Banyak alternatif yang bisa ditempuh untuk mengatasi saki gigi, ternyata.

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  3. Nice blog gan informatif lagi semoga tambah sukses ya kedepannya
    salam kenal dari Bloger KLU

    mari mengenal keindahan alam pariwisata Lombok Utara hanya di http://7og4nk.blogspot.com
    Find the real place for your vacation

    ReplyDelete
  4. wahhh
    dohhh ini pas banget buat chika
    chika sering sakit gigi abisnya hihii
    tapi skarang dah jarang
    yang biasa chika gunain sih pake minyak cengkeh^^

    ReplyDelete
  5. kata orang, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati....

    tapi sakit gigi memang menjengkelkan, jadi uring-uringan dan gampang emosi...

    ReplyDelete
  6. untuk yang mengunyah bawang merah, bawang putih dan cengkeh koq saya ngerasa horor yah >.<

    ReplyDelete
  7. thanks tipsnya ntar saya coba deh soalnya saya jg sering sakit gigi maklum g pernah gosok gigi :S

    ReplyDelete
  8. Akhirnya berjumpa juga dengan blog denbagas. Salam kenal, den.

    Saya belum pernah kena sakit gigi, tapi saya mendengar cerita beberapa orang yang sakit gigi, wah...sungguh ampun sakitnya.

    Salam kekerabatan juga.

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk orang yang males ke dokter gigi...
    Terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  10. meski tidak mengganggu, bagian belakang gigi saya agak aneh posisinya, miring. Nah, jika makan daging yang liat, gampang sekali 'sliliden'. Serpihan daging nyempil di sela geraham belakang. Untungnya, setelah sy rajin sikat gigi usai makan, sliliden jauh berkurang qeqeqe

    ReplyDelete
  11. kebetulan banget nih sob,,, tante saya dirumah lagi terkena sakit gigi,,, gak bisa makan dibuatnya,, akhirnya dapat tips dari sobat untuk menyembuhkan sakit gigi, minimal dapat mengurangi rasa sakitnya,,,,

    ReplyDelete
  12. Saya beberapa waktu yang lalu sempat sakit gigi..
    rasanya memang sangat tidak nyaman..

    makasih buat infonya ya bos

    ReplyDelete
  13. Altenatif tradisional, bahan-bahannya semua ada di tempat saya.
    Tapi kalau harus mengunyah bawang merah. Mata bisa langsung nangis nih mas.

    ReplyDelete
  14. Dari seua tips di di atas. mungkin yg bisa aku praktekin ya minum jus lemon.

    ReplyDelete
  15. perawatan alami lebih mujarab..hehehe..ya antara lain hindari makanan yg merusak gigi, semisal gula, permen, dan segala yg manis2 berlebihan...efeknya ya nafas tak bau dari gigi yg rusak....

    ReplyDelete
  16. sebenarnya lebih baik mencegah dari pada mengobati..

    tapi kalau udah keduluan sakit , yaa bolehlah di coba tips di atas ;)

    ReplyDelete
  17. lebih baik sakit hari dari pada sakit gigi haha

    ReplyDelete
  18. terimakasih tipsnya sob, saya ini termasuk langganan sakit gigi hehe..

    oh ya, linknya sudah saya pasang n follow back, terimakasih..

    ReplyDelete
  19. lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ini biar tak mengapa
    rela rela ku rela aku rela kan
    maaf terbawa emosi:)

    ReplyDelete
  20. late nite visit :)
    enjoy your day ^^

    ReplyDelete
  21. late nite visit :)
    enjoy your day ^^

    ReplyDelete
  22. Sakit gigi membuat menderita.. thanks kawan atas tipsnya

    ReplyDelete
  23. ijin copas sahabat, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  24. Hhahahaahah... gigi itu aset, rajinlah menggosok gigi, mumpung sikat gigi gratis dan biaya dokter murah. Teman saya cabut gigi di US, kena 400 USD. Masih mau gak gosok gigi???
    salam kenal ya.

    ReplyDelete
  25. wah sob kalau sakit gigi membuat kita menderita dan ditabah pusing, biasanya aku suka tempel ama paramex (iklan nih) tuh yg lobang biar pahit tapi lumayan menolong

    ReplyDelete
  26. tipsnya OK banget mbak.....

    thanks

    syukurlah 3 bulan sekali saya wajib ke dokter gigi

    salam persahabatan

    ReplyDelete
  27. salam sahabat
    informasi yang bermanfaat
    saya save dulu ya

    ReplyDelete
  28. sama ternyata penyakitnya, malas gosok gigi...

    ReplyDelete
  29. salam sobat
    tips bermanfaat untuk yang ingin secara alami mengurangi sakit gigi.
    trims sudah berbagi tips.

    ReplyDelete
  30. waduh peredanya sampek segitunya?wah2...gak bisa bayangin.hehe

    ReplyDelete
  31. sakit gigi emang sakiiiiit....
    tips nya oke tuh! eh tapi kok ada tips dikasih jeruk nipis? apa nggak makin perih tuh??

    salam,
    ica

    ReplyDelete
  32. katana bisa pke darahna kecoa juga ya
    jdi kecoana di ijek abis ntue cairanna di ksih k gigi yg sakid ntar ada ulet yg kluar dri gusi ntue
    nah ulet ntue yg diambil

    gtw juga seh CMIIW

    ReplyDelete
  33. @ ALL : TERIMA KASIH KAWAN2 SEMUA. SAYA NGGA BISA BALAS KOMENTAR KAWAN2 SEMUA SATU PERSATU TAPI SAYA AKAN BERKUNJUNG DAN SILATURAHMI KE TEMPAT KAWAN2 SEKALIAN...

    SALAM KAWAN

    ReplyDelete
  34. duluuuuuuuu waktu masih abege pernah atit gigi
    dibawa ke dokter ma bapak
    tobat deh dari situ ga mau lagi sakit gigi

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !