Sunday, October 3, 2010

Melihat dan jadi orang itu . . .


Hmm, sudah awal bulan di minggu pertama. Mumpung libur saya mau sharing lagi nih dengan kawan. Saya punya pertanyaan yang pernah saya tanyakan dengan rekan kerja ataupun di lingkungan tempat saya tinggal. Pertanyaan itu berkaitan tentang gaya hidup orang di kota besar dan ciri orang Indonesia pada umumnya. Memang terdengar nasionalis sih, tapi apapun Indonesia saya sudah menjadi bagian dari dia. 

Mungkin jawaban itu hampir tidak puas saya rasakan. Tapi buat saya wajar, setiap dari kita punya respon sendiri dalam menafsirkan jawaban. Semua itu bailk lagi kepada individunya. Sekarang saya tidak ingin bertanya tapi ingin berbagi kata2 tuk kawan semua yang membaca tulisan saya. Kata2 dibawah ini merupakan ciri khas orang Indonesia yang tinggal di Kota2 Besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya.

Biar tetap semangat tuk berbagi. Berikut ini hasil melihat saya dan gimana jadi orang Indonesia itu... Kemudian saya coba tuliskan 100 ciri khas khusus masyarakat yang tinggal di Jakarta dan orang Indonesia pada umumnya...


1. "Kapan libur?" merupakan suatu pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh orang Indonesia.

2. Anak-anak kecil di Indonesia lebih hafal lagu-lagu pop, rock, dan semacamnya daripada lagu-lagu wajib nasional Indonesia (bahkan lagu Indonesia Raya). (peran serta guru sangat berarti, khususnya guru musik)

3. Ancol selalu ramai di hari Lebaran dan Tahun Baru.

4. Artis-artis Indonesia yang sudah kurang laku, mencoba peruntungan di dunia politik.

5. Bahasa gaul dan bahasa SMS adalah salah satu bahasa wajib di Jakarta.

6. Banyak orang yang tidak membeli karcis KRL Ekonomi, padahal harganya rata-rata hanya berkisar antara Rp1.500,00 – Rp2.500,00.

7. Banyak yang menuntut hak padahal mereka belum melakukan kewajiban.

8. Berbicara dengan bahasa daerah di tengah-tengah orang-orang yang tidak mengerti bahasa tersebut adalah suatu kepuasan batin.
9. Cinta ditolak? Dukun bertindak!

10. Dangdut sangat digemari oleh masyarakat luas. (sekaragn sudah Go Internasional loh..)

11. Di Indonesia, seseorang (Fans) bisa jatuh pingsan ketika bertemu dengan idolanya.

12. Di Indonesia, setiap guru Bahasa Indonesia memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang Bahasa Indonesia, tidak ada yang sama. Jawaban mengenai satu soal EYD (misalnya) bisa menjadi sangat rumit dan beragam (berbeda-beda) bila ditanyakan oleh guru-guru Bahasa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

13. Di setiap pesantren, Kiyai tidak pernah salah.

14. Di setiap truk-truk pengangkut barang biasanya terdapat gambar-gambar lukisan wanita di bagian belakang.

15. Universitas-universitas di Indonesia banyak remaja yang berminat belajar di Fakultas Hukum.

16. Diberhentikan oleh polisi lalu lintas berarti harus siap-siap merogoh kocek. (prosesnya biar cepat)

17. Dufan adalah tempat yang cocok untuk berbagai masalah asmara dan percintaan.

18. Film horor selalu menjadi suatu tontonan yang ramai ditonton.

19. Hampir 80% tayangan stasiun televisi swasta di Indonesia adalah sinetron-sinetron yang tidak mendidik.

20. Hampir semua orang menyukai masakan Padang.

21. Hampir tidak ada orang yang mengatakan "naik bus Transjakarta", tapi orang-orang akan mengatakan, "naik Busway".
22. Hukum di Indonesia sangat payah.

23. Iklan-iklan SMS registrasi sangat mewabah di Indonesia.

24. Jakarta itu keras.

25. Jakarta selalu banjir.
26. Jakarta selalu macet.

27. Jalan-jalan berlubang di Jakarta dan sekitarnya rata-rata baru diperbaiki ketika akan ada pemilihan lurah, camat, walikota, atau gubernur.

28. Kata-kata yang sangat mudah diucapkan oleh orang Indonesia adalah kata "maaf" (tapi kemudian diulangi lagi).
29. Kebiasaan orang Jakarta salah satunya adalah pergi mudik ketika mendekati Lebaran dan kemudian membawa sanak saudara lainnya dari kampung untuk ikut tinggal di Jakarta.

30. Kebutuhan paranormal di Indonesia tidak akan pernah habis.

31. Kebutuhan sex remaja semakin meningkat.

32. Kehidupan malam di Jakarta sangat "wow".

33. Kejujuran adalah hal yang kurang populer di negeri ini. (visi dan misi KPK masih berjalan ngga yach..)

34. Ketika perut kosong, orang-orang bisa menjadi anarkis, tapi akan menjadi kalem bila perut sudah terisi.

35. Korupsi adalah hal yang lazim di Indonesia.

36. Korupsi tidak selalu identik dengan uang.

37. Koruptor punya link yang sangat bagus sehingga tidak perlu khawatir akan tindakannya.

38. KRL Ekonomi di Jakarta selalu penuh sesak di pagi hari.

39. KRL terlambat bukan suatu masalah baru.
40. Liburan ke Bali berarti orang kaya.

41. Mayoritas mahasiswa hobi berdemo.
42. Maling ayam biasanya dihabisi dan dipukuli oleh masyarakat (paling parah dibakar).

43. Masalah penipuan, pembajakan, dan pemalsuan, Indonesia ahlinya!.

44. Masalah-masalah di Indonesia tidak pernah selesai karena di Indonesia berlaku tiga macam sudut pandang, yaitu dari sisi teologi (agama), metafisik (supranatural), dan ilmiah sedangkan negara-negara maju tidak lagi memandang suatu masalah dari sudut pandang metafisik dan teologi hanya dari masalah ilmiah saja. Ketiga sudut pandang ini tidak akan pernah bisa menyatu, itulah salah satu alasan mengapa Indonesia tidak maju-maju.

45. Maskapai penerbangan Indonesia sangat berani terbang bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun.

46. Masyarakat muslim di Indonesia tidak pernah merayakan sholat Idul Fitri secara serempak karena masing-masing merasa paling pintar dan paling benar.
47. Mayoritas supir-supir angkutan umum di Jakarta adalah orang Batak dan orang Minang.

48. Menambahkan gelar "haji" setelah pergi ke Tanah Suci adalah suatu keharusan.

49. Mengemis adalah salah satu pekerjaan para perantau yang kurang berhasil di Jakarta.

50. Mengerjai junior ketika ospek merupakan suatu kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi para senior.

51. Mengucapkan janji sangatlah mudah, tapi melaksanakannya?

52. Menjadi rombongan kampanye suatu partai adalah salah satu hobi masyarakat Indonesia. (selain dapet kaos gratis duit tentunya).

53. Merokok ditempat umum (bahkan dalam angkatan umum) adalah biasa dan terkesan tidak mengganggu sekitar.

54. Metode menyontek di kalangan pelajar semakin lama semakin berkembang dan canggih.

55. Musuh nomor satu angkutan umum adalah pengendara motor.

56. Musuh para pengendara mobil adalah segala angkatan umum ditambah pengendara motor.

57. Ngekos berarti bebas dari kekangan orang tua.

58. Orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih pintar dari orang lain.

59. Orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih religius dari orang lain.

60. Orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih tahu segalanya.

61. Orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa yang paling benar.

62. Orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu protes.

63. Orang Indonesia adalah orang-orang yang tidak bisa menerima kekalahan dengan lapang dada.

64. Orang Indonesia adalah orang-orang yang tidak takut mati.

65. Orang Indonesia adalah orang-orang yang unik yang masih ada di dunia ini.

66. Orang Indonesia gemar mencaci maki dengan kata-kata kotor, seperti: A****g! B**i! M****t! T*i! Dan kata-kata kotor lainnya yang berhubungan dengan alat vital manusia. (bahkan dengan gambar)

67. Orang Indonesia gemar menggunakan istilah asing dalam berbagai percakapan.

68. Orang Indonesia kadang lebih Inggris daripada orang Inggris sendiri.

69. Orang Indonesia sangat menyukai junk food.
70. Orang Indonesia bahkan lebih Arab daripada orang Arab itu sendiri.

71. Orang Indonesia selalu mengeluh, tapi tidak pernah mau bertindak.

72. Orang Indonesia selalu membuat hal sederhana menjadi hal yang rumit.

73. Orang Indonesia tidak pernah mau belajar dari kesalahan dan terus mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut.

74. Orang Indonesia tidak pernah mau mengerti dan menghargai orang lain.

75. Orang-orang cinta Jakarta sekalipun hidupnya tidak tenang di kota ini.

76. Orang-orang dulu mendukung SBY, tapi ketika jadi presiden, tidak sedikit orang yang menghinanya bahkan minta turun dari jabatannya, tapi yakinlah ketika pemilu nanti orang-orang akan kembali memilih SBY. (katanya akan ada 3 periode masa jabatan).
77. Orang-orang Indonesia senang membuang kata-kata "jangan", seperti JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN, menjadi buang sampah sembarangan, lalu, JANGAN MENYELAK, menjadi menyelak, JANGAN MENYONTEK, menjadi menyontek, dan sebagainya.

78. Orang-orang yang duduk di DPR tidak pernah merasa cukup dengan gaji yang diterimanya.

79. Orang-orang yang duduk di lembaga legislatif negara sangat gemar melakukan kegiatan studi banding di negara-negara lain

80. Orang-orang yang sportif adalah kaum minoritas.

81. Pengendara motor selalu ada di barisan terdepan di lampu merah.

82. Pengendara motor selalu kabur ketika melakukan kesalahan.

83. Pengendara motor selalu lebih galak walaupun sebenarnya dia yang salah.

84. Pengendara motor selalu tergesa-gesa seperti dikejar setan.

85. Pengendara motor tidak pernah mau disalahkan.

86. Pengendara motor tidak pernah mau mengalah.
87. Pengendara motor tidak pernah taat aturan.

88. PNS adalah salah satu pekerjaan yang diminati masyarakat Indonesia.

89. Prinsip "mangan ora mangan yang penting ngumpul" sangat berlaku di Jakarta.

90. Rasa kesukuan di Indonesia sangat kuat daripada rasa nasionalisme terhadap Indonesia sendiri.

91. Rata-rata orang Indonesia pelit (bukan hemat).

92. Rata-rata orang Indonesia selalu meninggikan anak-anak IPA dan menganggap remeh anak-anak IPS (padahal, mayoritas anak IPA ketika kuliah nantinya memilih IPS).

93. Rata-rata wanita Indonesia sangat senang bila mempunyai pacar orang asing (bule)..

94. Reformasi sangat dijunjung tinggi di negeri ini.

95. Remaja wanita sangat menyukai film horor.
96. Salah satu pemikiran remaja-remaja Indonesia adalah free sex? Why not? Yang penting save sex.

97. Salah satu prinsip orang yang punya kekuasaan atau memiliki peran yang penting dalam sautu hal adalah, "Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah? Kalau bisa diperlambat, kenapa harus dipercepat?".

98. Semua restoran, rumah makan, dan warung makan pasti akan selalu ramai di saat waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan.

99. Seni dari naik KRL Ekonomi adalah ketika orang tersebut bisa duduk di atas atap gerbong kereta dengan nyaman.

100. Sepeda motor adalah kendaraan favorit masyarakat Jakarta.

Terima kasih sudah menyempatkan waktu mampir dan membaca.
Salam
Sumber : INI

31 comments:

  1. dari 100 ciri khas bangsa Indonesia tersebut say juga termasuk di dalamnya..... hehehehehehehehehehehe

    ReplyDelete
  2. he he bener semuanya meskipun seumur hidup belum pernah tinggal di jakara dan belum pernah milih presiden sejak umur 17th he he.. nice share :)

    ReplyDelete
  3. perhatian benar anda mas, walau setelah membaca dengan teliti hal diatas ada yang tidak sependapat, tapi tak apalah, namanya orang punya pandangan sendiri-sendiri...jadi bebas saja. Ada beberapa yang menarik mengenai point-point diatas, tapi kalau mau dibahas di ruang ini nanti menjadi komentar terpanjang disejarah blogger hehehehe ^_____^,jadi ga usah aja....
    menarik disimak point 44, dan 76 dan bnyk lg

    ReplyDelete
  4. wehh
    ampe 100 gitu
    lengkap banget penelitian nya^^
    sepertinya beberapa point itu gx hanya di jakarta atau kota2 besar
    tapi di kota2 kecil
    lainnya juga

    ReplyDelete
  5. malam bro...yach itulah wajah indonesia wajah kita semua...

    ReplyDelete
  6. Karnanya untuk jadi WNI syaratnya sangat sulit. Beruntunglah anda yang sudah dilahirkan sebagai WNI, karna tidak perlu mendaftar lagi ?

    ReplyDelete
  7. Untuk point 88 emang jadi favorit sob, soalnya kerjanya nyantaiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
  8. salam kenal =)

    postingannya menarik disimak mas

    no. 77 = bener bgt!!

    sampah dimana-mana mas =) saya pusing melihatnya -)

    ReplyDelete
  9. salam sahabat
    melihat dengan hati dan semoga keadaan lebih baik untuk negri tercinta maaf telat yach

    ReplyDelete
  10. wah, definisinya banyak bnget...hehe...ternyata orang indonesia itu cirinya gitu ya...

    hehehe..tapi apapun yg terjadi, aku tetep cinta indonesia...:d

    ReplyDelete
  11. kayanya saya ada tuch di atas... hehehehehehe

    tp emang hampir semua, ga anak kecil ga orang dewasa.. sami mawon... wkakakakak

    ReplyDelete
  12. salam sobat
    jadi orang Indoensia, harus bangga,walaupun semua yang tertulis diatas memang kenyataan yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  13. banyak banget cirinya
    tp bagaimanapun ak tetep bangga jd orang indonesia :p ak masuk jg koq kesalah satu cirinya hahaha

    ReplyDelete
  14. klo ane kadang bangga kadang kagak, tergantung situasi brow^^

    ReplyDelete
  15. @ ashtho software easy : Hampir semuanya atau beberapa aja kawan. Hehehehe kiding...

    @ tips memilih template katro : Thanks kawan sudah menyediakan waktu berkunjung and membaca...

    @ aryadevi : Insyalloh akan perhatian terus Pak, 'menjadi komentar terpanjang disejarah blogger'. Amin. Mudah2 kejadian...hehehe

    @ chikarei : Iya chik, tapi yg saya ambil sih contoh kota2 besar di Indonesia. Thanks ya chik...

    @ bagoezt : Malam juga kawan. Wah, wajah kita semua ya ternyata. Hehehe, Thanks for your support kawan...

    ReplyDelete
  16. @ Putri & Dedi Busana : Alhamdullilah, saya sudah punya KTP Tangerang jadi sudah jadi warga Indonesia...Hehehe. Thanks for coming kawan

    @ safrudin : Iya kawan, ngga cuman nyantai tapi bikin seneng hati mertua. Hehehehe. Thanks kawan

    @ Lulu : Salam kenal juga mba Lulu. Hmm, sampah yach. Emang sih, palagi di kota besar seperti Jakarta, ampun dah. Byk masyarakat yg protes dgn alasan pemerintah ngga perhatian, warga kan udah byr retribusi, uang kebersihan, inilah, itulah dan byk lagi, padahal klo byk dan ad yg pny inisiatif seperti mba Lulu ini, duh bisa sy byngkan hasilnya. Semoga tetep semangat. Thx mba

    @ Dhana/戴安娜 : Iya mba, harus dengan hati memang. Biar semua bisa berbagi. Thx mba, semoga sehat selalu.

    @ windflowers : Iya mba, aku jg cinta Indonesia palagi dgn semua jenis makanannya, emmm byk pilihan dan aneka rasa kyk masakan kota kembang gitu...

    ReplyDelete
  17. @ z33s : Yang mana tuh ?? yg dewasa or yg anak kecil. Hehehe, thx dah mampir...

    @ NURA : Salam hangat mba. Setuju!! Thanks for coming mba. Semoga sehat selalu...

    @ Corat - Coret [Ria Nugroho] : Iya ternyata emang byk, ini baru di kota2 besar ngga tau deh yg di kota2 kecil seperti apa... Thx y dah berkunjung dan membaca...

    @ moenas : Oh gitu ya? oke deh, thanks kawan sudah mau menyempatkan waktu berkunjung dan membaca...

    ReplyDelete
  18. @ secangkir teh dan sekerat roti : Hmm, iya 100 fakta kakvi. Wah thanks ya kakvi sudah mau berkunjung dan menyempatkan waktu membaca...

    ReplyDelete
  19. Wah banyak banget yah rangkumannya ....
    TApi emang benar .. kondisi di Indonesia masih seperti itu. Kapan bisa berubah ???

    ReplyDelete
  20. Hebat. Sampai bisa menginventarisir 100 ciri orang Indonesia. Banyak ya. Dan cukup "menggelitik" kita.

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  21. hebat ! gak ada kebiasaan-2 yg kelewat. teliti bener. poin no. 8 itu sob, mengena banget. merasa bangga berbahasa daerah di depan org yg tidak mengerti, banyak sekali sering dilakukan krn menurut mereka pake bahasa daerah bikin orang lain jadi takut.....padahal gak...he...he.. salam kenal

    ReplyDelete
  22. Link-nya dah dipasang di http://bolehngeblog.blogspot.com/2009/05/tukeran-link.html

    ReplyDelete
  23. wah daku termasuk yang nomer brp ya hehehee

    ReplyDelete
  24. Menurut saya, sebagian besar terkesan negatif. Indonesia tetaplah Indonesia, hanya oknum sajalah yg membuat negri ini semakin terpuruk. TQ 4 sharing......

    ReplyDelete
  25. menulis seribu keburukan itu memang lebih mudah dibandingkan menulis 5 kebaikan :) tapi semoga hal-hal tidak menyenangkan bisa segera hilang. semangat! percaya bahwa indonesia pasti bisa lebih baik.. hehe salam kenal ya

    ReplyDelete
  26. memang betuk semua sob....

    tapi bagaiamanapun " I LOVE INDONESIA "

    ReplyDelete
  27. beh
    mantep bro infonya
    dan semuanya emang yahud
    hahaha

    ReplyDelete
  28. ya beginilah indonesia... :)
    tapi saya tetap bangga jadi orang indonesia...
    salam

    ReplyDelete
  29. @ syahida : Iy, emang byk Om. Insyalloh Indonesia bisa OM. Thanks udah mampir

    @ BeDa : Iy, menggelitik bgt kawan. Salam ukhuwah kawan. Thx

    @ M. Chandra Panjinata : Hebat?? belom Om tp klo teliti iya. Hehehe, salam kenal juga OM. Thx

    @ Dangsulaeman : Oke. Thanks for coming kawan

    @ Indahnya Kebersamaan : Hehehe, yg mana aja boleh. Thx y kawan udah mampir

    ReplyDelete
  30. @ vini vidi vucinic : Thanks juga OM...

    @ Ocky Fajzar : Harus percaya kawan dan tetap semangat, salam kenal juga. Thx

    @ Muhammad Chandra : Saya juga kawan. Thanks for coming.

    @ rezKY p-RA-tama : Key...Thx kawan dah menyempatkan waktu membaca. Salam

    @ brotoadmojo : Setuju Om, thanks udah mampir dan baca2. Salam balik juga Om.

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !