Saturday, April 16, 2011

Makan buah sama kulitnya itu ...

Selamat siang menjelang sore buat siapa saja yang mampir di blog ini. 
Semoga kalian dalam keadaan sehat. 
Amin. 

Oke, kali ini saya kembali akan berbagi info untuk kawan2 sekalian yang memang mampir atau kebetulan mampir di sini. Saya suka sekali dengan buah, nah kawan2 tahu ngga kalo ada beberapa macam buah yang jika kita makan itu tanpa harus mengupas kulitnya, kenapa? Karena beberapa buah justru lebih baik dimakan bersama dengan kulitnya sebab kandungan nutrisinya terdapat di kulit.

Saya tambahkan gambar untuk mempermudah dan beberapa kutipan dari berbagai sumber untuk memperjelas pengertian. Mereka itu diantaranya :

1. Apel
Hmm, buah yang satu ini memang banyak jenisnya. Menurut sebuah penelitian Cornell University bahwa kandungan fitokimia dalam kulit apel 87 persen lebih banyak dibandingkan dalam daging buahnya. Beragam senyawa fitokimia dalam kulit apel merupakan antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker. lalu apa saja manfaat dari buah apel itu?

* Kaya vitamin
Yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.
* Kaya mineral
Antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

* Fitokimia
Fitokimia adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar.

* Kaya Serat
Baik untuk orang yang sedang diet karena serat yang tinggi mencegah lapar datang lebih cepat.

* Seratnya mengurangi lemak dan kolesterol
Berguna untuk mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.

* Tanin
Zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga mencegah kerusakan gigi dan gusi.

* Baron
Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.

* Flavoid
Merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker.

* Asam D-glucaric
Merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

* Quercetin
Zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

* Asam tartar
Dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri dalam saluran pencernaan.

2. Timun
Meski sering disebut sebagai sayuran, secara teknis timun termasuk buah-buahan. Kulitnya mengandung silika yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit dan kuku. Sedikitnya manusia butuh 5 mg silika setiap hari, seluruhnya bisa diperoleh dari sebutir timun.

Timun ada beberapa jenis, antara lain watang, turus, suri, dan krai. Buah dari tumbuhan yang bernama latin Cucumis sativus ini mengandung zat-zat saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C. Biji buah mentimun mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput.

Buah yang mudah didapat dan murah ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi, sariawan, memperlancar air seni, dan menghilangkan keriput di kulit. Daunnya bertangkai panjang, bentuknya lebar bertaju dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi. Batangnya berbulu halus-halus. Bunganya berwarna kuning. Buahnya berbentuk bulat panjang, tumbuh bergantung, berwarna hijau keputihan sepanjang 10-20 cm, berbiji banyak dan mengandung air. 

3. Terong
Terong ialah tumbuhan hijau yang sering ditanam secara tahunan, untuk diambil buahnya. Ia merupakan tumbuhan asli India dan Sri Lanka. Tanaman ini tumbuh hingga 40-150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya.

Terong juga sering disebut sayuran, meski secara teknis termasuk golongan buah berry. Kulitnya yang berwarna ungu mengandung 300 mg senyawa nasunin, sejenis antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel otak. Kulit terung juga mengandung 200 mg potasium, 13 mg magnesium dan 3 mg serat. 

Menurut penelitian, nasuin dari kulit terong bekerja sebagai antioksidan yang menghalangi pembentukan radikal bebas, sehingga membantu melindungi kerusakan sel membran dan menurunkan LDL kolesterol. Khasiat lain dari sayur terong yang sering dilalap ini, adalah sebagai zat antirematik. Getahnya dapat juga sebagai obat kutilan.

4. Kiwi
Mungkin agak aneh membayangkan kulit kiwi yang berbulu itu harus dimakan. Tapi menurut sebuah penelitian, kandungan vitamin C dan E, serotonin dan potasium dalam buah kiwi bisa diperoleh dengan lebih maksimal jika buah ini dimakan bersama kulitnya.

Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan.

* Memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar
Kiwi mengandung 100 mg vitamin C dalam 100 gram beratnya. Sedangkan jeruk hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 54 mg per 100 gram. Ini berarti kandungan vitamin C pada sebutir kiwi sama dengan 2 buah jeruk.

* Kaya Antioksidan
Kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

* Mengandung Lutein dan Beta Karoten
Manfaat dari lutein dan beta karoten (vitamin A) adalah menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi kiwi, fungsi penglihatan dapat terpelihara dengan baik.

* Mengandung Kalium
Kalium berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.

* Menghilangkan Masalah Pencernaan
Kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Selain untuk kesehatan, sebutir kiwi bermanfaat untuk kecantikan diantaranya ...

- sebagai masker untuk membuat kulit jadi lebih elastis dan segar.
- dapat membuat kulit menjadi bersinar dan mengurangi kerutan di wajah.
- kandungan antioksidannya membuat kulit terlihat kencang dan awet muda.
- menghasilkan minyak omega-3 yang biasa digunakan untuk kosmetik.
- mengandung sedikit kalori, sehingga buah ini sering dikonsumsi bagi yang sedang diet.
 
5. Jeruk
Kulit jeruk mengandung senyawa polymethoxylated flavones (PMF) yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol. Tidak perlu benar-benar dimakan untuk mendapatkan khasiatnya, cukup diseduh bersama teh atau dimasukkan dalam sup.

Jeruk itu ...
- Mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.
- Mengandung antikanker bagi tubuh.
- Dapat mencegah dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti: mengobati sariawan dan menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak.

6. Tomat
Buah tomat kaya akan kandungan karotenoid, potasium, vitamin A, C dan E. Kandungan nutrisinya paling banyak ada pada kulit. Sejauh yang saya tahu rasanya ngga ada orang ngupas kulit tomat sebelum mengkonsumsinya.

Tomat itu ...
- mengandung vitamin A, B1 dan C.
- membantu membersihkan hati dan darah kita.
- mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. gusi berdarah.
b. rabun senja / kotok ayam.
c. penggumpalan darah.
d. usus buntu.
e. kanker prostat dan kanker payudara.

7. Pir (Pear)
Karena kulitnya mengandung serat yang sangat tinggi, buah pir hampir tidak pernah dikupas dan langsung dimakan begitu saja. Kulit pir juga kaya akan mineral terutama tembaga, serta vitamin C dan K yang berfungsi sebagai antioksidan.

Pir itu ...
- mengandung vitamin C dan provitamin A.
- mengandung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.
- mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menurunkan demam / panas tubuh.
b. mengencerkan dan menghilangkan dahak pada batuk berdahak.
8. Plum
Kulit plum dengan warna-warni yang beragam mulai dari merah, ungu maupun biru kehitaman mengandung lebih banyak serat dibandingkan daging buahnya. Kulitnya juga mengandung phytonutrient, senyawa yang membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Di dunia ini terdapat ribuan jenis plum yang berbeda bentuk, ukuran, warna dan rasa. Plum dibedakan menjadi 2 jenis utama, yaitu:

Plum Eropa (barat): berwarna merah tua keunguan, agak empuk, rasanya manis, namun kurang berair.
Plum Jepang dan Asia Barat (oriental) : berwarna hijau kekuningan dan merah merata, rasanya asam manis dan berair banyak.

Plum tumbuh liar sejak 2000 tahun yang lalu, dibudidayakan pertama kali oleh orang romawi, tumbuh di daerah bersuhu sedang hampir sepanjang tahun.

Plum itu ...
- mengandung vitamin C, B1, kalsium, zat besi, fosfor, serat, kalium, serta asam oksalat.
- sumber energi serta tonik untuk otak, sistem saraf, dan darah.
- menyembuhkan liver, bronksitis, sembelit, diabetes, obesitas, tumor, penyakti kulit, kembung, dan wasir.
- mencegah sariawan dan gusi berdarah.

Semoga informasi sederhana ini dapat membantu kawan2 sekalian..
Terima kasih sudah membaca.
Salam

3 comments:

  1. kiwi dimakan sama kulitnya??kan ada bulunya...

    ReplyDelete
  2. saya bergidik membayangkan makan jeruk dan kiwi sama kulitnya. udah dicobain sendiri apa belum, hayao? :D

    ReplyDelete
  3. jiah...gimana cara makan jeruk dengan kulitnya? pahit donk:(
    lha kiwi juga pegimana caranya ya???

    ReplyDelete

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !