Tuesday, August 10, 2010

Gaya komunikasi sesuai fungsi otak

Sejak jaman dahulu, saat ilmu pengetahuan mulai berkembang, fungsi otak sudah mulai dipelajari, mulai dari segala macam bentuk dan ruang yang ada di otak hingga bagaimana otak itu bekerja dalam diri manusia. Otak manusia dibagi menjadi dua fungsi besar yaitu fungsi bagian kanan dan fungsi bagian kiri.

Pada tulisan kali ini akan membahas bagaimana karakter dan gaya berkomunikasi orang yang dominan menggunakan fungsi otak kiri dan orang yang dominan menggunakan fungsi otak kanan. Tulisan ini juga akan membahas sejauh mana perbedaan yang terjadi jika manusia lebih menggunakan salah satu dari dua fungsi otak, kiri atau kanan. Tulisan ini juga akan mencoba menjelaskan kenapa tingkah laku manusia berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang pendiam, mediatif, cerewet dan sebagainya.

Karakter Komunikasi Orang Berotak Kiri

Orang - orang dengan fungsi otak kiri lebih dominan cenderung lebih cenderung mengedepankan logika dan fakta, lebih berfikir secara rasional dari pada menggunakan emosinya. Semua yang tidak dapat di jelaskan dengan fakta - fakta atau perhitungan pasti, tidak akan menjadi ketertarikan bagi orang yang menggunkan otak kirinya. Ilmu pengetahuan yang menggunakan ilmu pasti (eksakta) akan lebih menarik perhatiannya.

Orang yang menggunakan fungsi ortak kiri, cenderung lebih kritis dalam pemilihan kata (diksi) saat berkomunikasi walau tidak terlalu luwes dalam menyampaikannya di banding dengan orang yang menggunakan otak kanan. Kata - kata yang hanya menjadi bumbu dalam komunikasi tidak akan di pilih oleh orang yang bertipe otak kiri, mereka akan memilih kata yagn di rasa tepat untuk menyampaikan maksud dan pesan dari komunikasi tersebut.

Sebagai tambahan, orang yang fungsi otak kirinya lebih dominan cenderung sedikit kaku karena mengutamakan logika berpikir dibandingkan fenomena sosial yang berlaku di masyarakat. Lebih mengutamakan sistematika dan metodologi daripada hasil yang didapatkan dari sebuah proses. Orang Tipe ini cerdas, namun biasanya tidak dapat membuat suasana cerita karena sifat diam mereka.

Gaya Komunikasi Orang Berotak Kiri

Diperlukan langkah-langkah strategis saat berkomunikasi dengan orang berotak kiri, gaya komunikasi yang diperlukan sebagai berikut:

    * Berbicara seperlunya, jangan terlalu berlebihan dan mendayu - dayu.
    * Gunakan sistematika berbicara seperlunya, pembukaan, isi, penutup.
    * Sediakan fakta dan data secukupnya.
    * Pilih kata - kata yang sesuai dengan topik.
    * Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa tubuh.
    * Gunakan kerangka berfikir ilmiah.
    * Jangan terlalu ceria saat menyampaikan sesuatu, namun tidak berarti sedih dan cemberut.
    * Beri mereka waktu untuk mencerna apa yang telah kita siapkan.
    * Biarkan mereka menanggapi terlebih dahulu baru dilanjutkan kalimat berikutnya.

Karakter Komunikasi Orang Berotak Kanan

Karakter orang dengan fungsi otak kanan lebih dominan sangat berbeda dengan orang fungsi otak kiri lebih dominan. Jika orang dengan fungsi otak kiri lebih dominan suka menggunakan rasional saat berkomunikasi, berbeda dengan orang yagn fungsi otak kanan dominan yang lebih mengedepankan perasaan atau emosinya.

Orang yang menggunakan fungsi otak kanan lebih besaar tidak akan suka pada hal - hal yang mendetail, lebih suka dengan hal - hal yang makro, berbeda dengan orang denga fungsi otak kiri dominan yang menyukai hal - hal secara mikro. Orang yang fungsi otak kanan lebih dominan lebih berorientasi pada garisbesar dan imajinasi. Orang dengan fungsi otak kanan lebih dominan akan sangat cepat belajar dengan simbol - simbol atau gambar - gambar yang merepresentasikan sesuatu. Berbeda dengan orang yang fungsi otak kiri lebih dominan yang berorientasi pada masa lampai dan masa kini, orang dengan fungsi otak kanan lebih dominan lebih berorientasi pada masa kini dan masa depan.

Singkatnya, orang dengan fungsi otak kanan dominan biasanya sangat hangat, ramah namun terkadang sangat tempramental karena lebih mengedepankan sisi emosionalnya. Mereka dapat menghidupkan suasana, pemecah kekakuan dalam situasi tertentu.

Gaya Komunikasi Orang Berotak kanan

Berikut cara - cara menghadapi komunikasi dengan orang yang berotak kanan:
    * Imbangi pembicaraan dengan ceria.
    * Bicarakan topik - topik sosial bukan eksak
    * Gunakan kata - kata yang humanistik dan sosial.
    * Jangan memberikan fakta dan data apalagi saat pertemuan pertama.
    * Gunakan kata - kata yagn berkaitan dengan perasaan.
    * Berikan gambaran tentang sesuatu karena mereka dapat membayangkan dengan baik.
    * Pujilah mereka.
    * Jangan membicarakan sesuatu yang sudah lampau.
    * Jangan terlalu masuk ke personal mikro dan detail.

Untuk menentukan anda adalah orang yang menggunakan fungsi otak kiri atau kanan lebih dominan salah satunya adalah dengan mengikuti kuis yang dibuat oleh Dr. Leo Wollman. Bisa anda lihat pada artikel Kuis Dr. Leo Wollman

Di sadur dari buku Best Seller terbitan Elex Media Komputindo karangan Dr. Ponijan Liaw

0 Komentar kawan kawan:

Post a Comment

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !