Saturday, July 17, 2010

Bekal Dasar (Tips) Jadi Editor euy !

Sebelum saya menguraikan lebih jauh harap dimaklum bahwa tulisan dibawah ini hanyalah sekedar informasi  untuk berbagi saja, siapa tahu nanti ada di antara Anda yang tertarik menjadi editor. Tulisan yang saya dapat dari SukaBuku yang juga hasil kutipan ini ditulis oleh Ketua Forum Editor Indonesia, Bambang Trim.

Sudah musimnya editor banyak dicari oleh penerbit karena pertumbuhan penerbit sedang baik. Makhluklah yang bernama editor menjadi sebuah kebutuhan karena diperlukan untuk mendorong sukses sebuah buku. Jika kebetulan Anda berminat menjadi editor, Anda memang tidak bisa sim salabim dalam satu malam seolah pantas menjadi editor. Namun, ada dasar-dasar yang bisa menjadi bekal untuk dapat lolos dalam seleksi editor. Dasar-dasar itu adalah:

1. Kegilaan atau minat baca Anda yang di atas rata-rata akan sangat diperhitungkan. Namun, jangan lupa Anda paling tidak bisa menyebutkan buku-buku apa saja yang telah Anda baca dalam tiga bulan terakhir. Lebih baik lagi jika Anda bisa menyebutkan judul, penulis, dan penerbitnya.

2. Kemampuan Anda menulis menjadi nilai tambah dan jangan pernah melamar kalau Anda tidak bisa menulis sama sekali.. Berikan portofolio karya tulis Anda yang sudah pernah dipublikasikan.

3. Wawasan Anda tentang perbukuan sangat dibutuhkan. Untuk itu, cepat-cepatlah cari majalah MATABACA, Bukune, di Gramedia. Atau Anda juga bisa membuka website RUANG BACA Tempo di internet.

4. Jadilah anggota milist perbukuan yang populer, seperti pasarbuku@yahoogroups.com dan milist ini.

5. Kuasai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mulai dengan membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Tesaurus Indonesia.

6. Baca buku-buku yang berkenaan dengan dunia tulis-menulis serta dunia perbukuan.

7. Kunjungi toko buku besar semacam Gramedia dan Gunung Agung dan catatlah beberapa buku-buku best seller di rak pajang agar Anda punya bahan untuk wawancara.

8. Kuasai penggunaan tanda-tanda koreksi standar. Anda bisa mendapatkannya di buku-buku penerbitan ataupun mencari di internet dalam tajuk correction mark atau tanda-tanda koreksi.

Akhirnya, selamat mengikuti tes.

0 Komentar kawan kawan:

Post a Comment

Salam...
Tuangkan komentar tuk saya,
Meski cuma satu kata...

Jangan meninggalkan spam...

Salam kawan

Klik kawan !